Kamis, 18 Juli 2024

Menko Hadi Datangi Ormas-ormas Agama, Jaga Situasi Kondusif Pasca Pilpres

* Juga Silaturahmi ke PGI
Redaksi - Kamis, 29 Februari 2024 09:12 WIB
270 view
Menko Hadi Datangi Ormas-ormas Agama, Jaga Situasi Kondusif Pasca Pilpres
Foto: Tina Susilawati/detikcom
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto 
Jakarta (SIB)
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengunjungi organisasi masyarakat (Ormas) Keagamaan. Hadi berharap kunjungan itu bisa menciptakan suasana yang kondusif pasca-Pemilu.

"Saya sudah melakukan kunjungan pada PBNU, kemudian tadi siang kita ke PGI dan sekarang kita ke KWI, nanti malam saya menuju ke PP Muhammadiyah," ucapnya ditemui di Kantor KWI, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Ia menyebut pertemuan silaturahmi dengan ormas agama bertujuan untuk menjaga situasi dan kondisi pasca-Pilpres dan Pileg 14 Februari 2024 lalu. Ia pun berpesan agar tokoh agama selalu menjaga situasi tetap kondusif.

"Semuanya tujuannya adalah mengajak seluruh tokoh agama bahwa tetap menjaga situasi kondisi ini pasca-Pileg, Pilpres dengan baik karena situasinya juga masih baik dan kita harapkan bahwa kita tetap mempererat persatuan dan kesatuan bangsa ini," katanya.

Hadi juga mengatakan peran tokoh agama yang sangat besar bagi umatnya dan Republik Indonesia ini. Menurut Hadi, masyarakat Indonesia patuh kepada tokoh agamanya.

"Sangat besar. Kalau namanya Romo menyampaikan kepada umatnya enggak mungkin ada yang melanggar. Seperti pendeta di Papua kalau udah sampaikan sudah tidak akan ada yang berani melanggar. Para kyai kalau sudah menyampaikan kepada umatnya mulai dari struktural maupun kultural atau udah sampaikan harus jaga hubungan baik tidak boleh katakanlah melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum," ucapnya.

"Sehingga peran tokoh agama ini sangat penting sehingga saya datangi, saya silaturahmi untuk mengajak persahabatan," tambahnya.

Pertemuan dengan para tokoh agama diharapkannya membawa hasil yang positif. Sebab, momen demokrasi yang sedang berlangsung di Indonesia saat ini sedang disorot dunia.

"Dan tokoh agama semuanya berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini kita ini bangsa besar, sekarang ini dilihat oleh luar negeri bagaimana sih proses demokrasi di Indonesia, kalo itu semuanya berjalan lancar membawa harga diri sebuah bangsa. Ini yang kita kerjakan," tutupnya.


Silaturahmi ke PGI
Hadi Tjahjanto juga bersilaturahmi ke Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI). Ia datang disambut oleh Sekretaris Umum PGI Jacklevin F Manuputi.

Pantauan detikcom di kantor PGI, Jalan Salemba Raya No 10, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024), Hadi tiba pukul 11.32 WIB dan berpakaian batik.

Kedatangan Hadi pun disambut oleh beberapa pengurus PGI. Hadi berbincang dengan pengurus PGI.

Hadi langsung dibawa menuju lantai 2 tempat diadakannya silaturahmi. Di sana, telah hadir juga Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom.

Sebelumnya, Hadi juga melakukan silaturahmi ke PBNU pada hari pertama ia menjabat Menko Polhukam pada Kamis (22/2). Dengan PBNU, Hadi bicara terkait suasana kondusif setelah Pemilu 2024 digelar. (detikcom/d)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Elon Musk Dukung Kampanye Trump, Kucurkan Dana Rp 727 Miliar Per Bulan
Dukung Pembangunan Rumah Ibadah, Pemko Binjai Serahkan Bantuan Dana Hibah
Menko Polhukam Tegaskan RUU TNI Tidak akan Mengarah pada Dwifungsi ABRI
Wabup Labura Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak di Medan
Pesan Keberagaman PGI di Hadapan Imam Besar Al-Azhar Mesir
Menko Polhukam dan Pj Gubernur Sumut Tinjau Venue Sport Centre, Progres Stadion Masih 71,8 Persen
komentar
beritaTerbaru