Senin, 15 Juli 2024

Mudik Lebaran, Pemudik Diimbau Gunakan Rest Area Maksimal 30 Menit

Redaksi - Senin, 01 April 2024 11:03 WIB
380 view
Mudik Lebaran, Pemudik Diimbau Gunakan Rest Area Maksimal 30 Menit
(Liputan6.com/Herman Zakharia)
Antrean sejumlah kendaraan pemudik memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). 
Jakarta (SIB)
Pemudik yang mampir di rest area selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 diimbau tidak lebih dari 30 menit untuk menghindari penumpukan kendaraan. Saat ini, jalan tol menjadi pilihan banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke kampung halaman masing-masing.
Di jalan tol, tersedia fasilitas rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melepas lelah di tengah perjalanan.
“Diimbau kepada para pemudik untuk jangan terlalu lama di TIP paling tidak 30 menit beristirahat di rest area menghindari terjadinya penumpukan kendaraan," kata Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Minggu (31/3).
"Selain itu kami juga menyarankan kepada pemudik dapat menggunakan TIP sementara yang bisa dimanfaatkan di sekitar area kantor gerbang tol,” lanjut dia.
Saat rest area di jalan tol terlihat penuh dan untuk menghindari terjadinya antrean menuju masuk rest area, lanjut Tulus, pemudik dapat keluar terlebih dahulu ke jalan arteri mencari rest area terdekat dan dapat melanjutkan perjalanan dengan masuk ke jalan tol kembali.
Sejauh ini, ada 134 rest area yang sudah beroperasi. Di Indonesia, tersedia tiga macam rest area atau TIP, yaitu rest area tipe A, tipe B, dan tipe C.
Rest area tipe A, dilengkapi dengan fasilitas berupa ATM, toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau, hingga restoran.
Untuk rest area tipe B, memiliki area yang lebih kecil dibandingkan tipe A dengan fasilitas ATM center, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir.
Sedangkan rest area tipe C, memiliki fasilitas toilet,warung atau kios, mushola, dan sarana tempat parkir yang bersifat sementara. Rest area tipe ini hanya dioperasikan saat tertentu seperti libur panjang, hari raya, dan lainnya.
Lebih lanjut, di Pulau Sumatera, beroperasi sebanyak 38 rest area di antaranya 22 rest area tipe A, 7 rest area tipe B, 9 rest area tipe C. Sejauh ini, jalan tol di Indonesia telah tersambung sepanjang 2.835 Km yang terbagi di Pulau Jawa (1.782,47 Km), Sumatera (884,45 Km), Bali (10,07 Km), Kalimantan (97,27 Km), dan Sulawesi (61,46 Km). (**)



Baca Juga:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
2 Tahun Dibangun, Rest Area Milik Pemkab Batubara Minim Aktivitas Ekonomi
Masa Mudik Lebaran, Konsumsi BBM Pertamina Meningkat Hingga 42% di Sumut
Waka MPR Dorong Pemda Manfaatkan Peluang dari Momentum Mudik Lebaran
Akhir Libur Lebaran, Arus Balik Pemudik di Palas Sepi
80 Persen Pemudik Belum Kembali
KA Argo Semeru dan Mobil Pemudik Tabrakan di Madiun
komentar
beritaTerbaru