Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Pimpinan KPK Nurul Ghufron Dilaporkan ke Dewas Terkait Perintangan Penyidikan

Redaksi - Sabtu, 27 April 2024 11:46 WIB
366 view
Pimpinan KPK Nurul Ghufron Dilaporkan ke Dewas Terkait Perintangan Penyidikan
Foto: dok. Istimewa
IM57+ Institute melaporkan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.
Jakarta (SIB)
IM57+ Institute melaporkan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Ghufron dilaporkan atas dugaan menghalangi penyidikan kasus korupsi.


"Hari ini kami dari IM57 hadir ke Dewas KPK dalam rangka melaporkan perbuatannya pimpinan KPK atas nama Nurul Ghufron," kata mantan penyidik KPK, Novel Baswedan, di gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).


Novel mengatakan laporan pihaknya berkaitan dengan sikap Ghufron yang melaporkan anggota Dewas KPK Albertina Ho. IM57+ Institute juga menyoroti langkah Ghufron yang menggugat Dewas KPK ke PTUN.

Baca Juga:

IM57+ Institute menilai langkah pelaporan dan gugatan dari Ghufron itu keliru. Pasalnya, Dewas KPK tengah menelusuri adanya dugaan kasus pelanggaran etik yang berkaitan dengan perbuatan korupsi.


"Upaya yang dilakukan ini adalah tentunya bertentangan dengan tugas-tugas yang dilakukan pimpinan KPK untuk memastikan upaya pemberantasan korupsi dengan benar dan upaya penegakan integritas bisa dilakukan dengan benar," ujar Novel.

Baca Juga:

Menurut Novel, pengungkapan kasus korupsi di lingkup internal KPK juga bisa dimulai melalui penanganan laporan di Dewas KPK. Dia menilai laporan dan gugatan Ghufron kepada Dewas KPK bisa dimaknai upaya menghambat penanganan kasus korupsi.


"Jadi upaya untuk menghambat, menghadang, atau menghalangi proses pemeriksaan etik yang dilakukan Dewan Pengawas ini bisa dimaknai sebagai upaya menghalangi pengungkapan, perbuatan korupsi yang dilakukan," ujar Novel.


Lebih lanjut IM57+ Institute berharap laporan pihaknya kepada Nurul Ghufron bisa segera ditindaklanjuti oleh Dewas KPK.


"Semoga dengan pelaporan ini bisa dilihat sebagai upaya formal yang kami lalukan ke Dewan Pengawas sehingga Dewas punya kewajiban menindaklanjuti terhadap pimpinan KPK yang melakukan pelanggaran etik," pungkas Novel. (**)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Dewas Periksa Ketua KPK 5 Menit
Nurul Ghufron Akui Bantu “Mutasi ASN” di Kementan
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK
Ghufron: KPK Bukan Ingin Tinggalkan OTT, tapi Pencegahan Lebih Beradab
Dewas Benarkan Aduan soal Jaksa KPK Peras Saksi Rp 3 M
Kasus Pungli Rutan, Dewas Jatuhkan Sanksi ke Karutan KPK
komentar
beritaTerbaru