Rabu, 17 Juli 2024

Eks Pj Bupati Sorong Divonis 22 Bulan Penjara di Kasus Suap BPK Papua Barat

Redaksi - Sabtu, 27 April 2024 12:49 WIB
352 view
Eks Pj Bupati Sorong Divonis 22 Bulan Penjara di Kasus Suap BPK Papua Barat
Foto: Ari Saputra/detikcom
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Mantan Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso, divonis 1 tahun 10 bulan atau 22 bulan penjara dalam kasus suap terhadap pejabat BPK Papua Barat. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK yang meminta Yan Piet dihukum 3 tahun penjara.


Sidang putusan digelar pada Selasa (23/4). Selain Yan Piet Mosso, dua orang lainnya yakni Kepala BPKAD Kabupaten Sorong Ever Sigindifo dan staf keuangan Maniel Syafli juga menjalani sidang putusan.


"Yang terdakwa Yan Piet Mosso dijatuhi putusan oleh majelis hakim dengan pidana 1 tahun 10 bulan dan denda Rp 50 juta subsider 6 bulan kurungan pidana," ujar Humas Pengadilan Negeri Manokwari, Markham Faried.

Baca Juga:

"Terdakwa Ever Sigindifo dijatuhi pidana penjara selama 2 tahun dan denda Rp 50 juta kemudian subsidernya pidana kurungan 6 bulan. Terdakwa ketiga Maniel Syafli dijatuhi pidana penjara selama 2 tahun dan denda Rp 50 juta dengan subsider 6 bulan," tambahnya.


Markham menyebut majelis hakim mempertimbangkan sejumlah hal sebelum menjatuhkan vonis terhadap Yan Piet. Salah satunya soal tidak adanya kerugian negara.

Baca Juga:

"Terkait kerugian ini karena masuk dalam pasal yang didakwakan ini suap maka kemarin berdasarkan pertimbangan majelis tidak terdapat kerugian negara secara signifikan masuk dalam tindak pidana korupsi tetapi para pihak mengakui mereka menerima suap dari pihak-pihak yang diproses dalam perkara ini," ujarnya. Dia juga mengatakan jaksa KPK telah menyatakan banding. (**)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Syahrul Yasin Limpo Divonis 10 Tahun Penjara, Bayar Uang Pengganti Rp 14 Miliar
Tabrak Lari Hingga Korban Tewas, Remaja Ini Divonis 4 Tahun Penjara di PN Pematangsiantar
Eksploitasi Anak Melalui Tiktok, Pengelola PA Divonis 5 Tahun Penjara
Dua Pemilik Ekstasi 500 Butir Divonis 10 Tahun Penjara di PN Medan
Bupati Muna La Ode Rusman Divonis 3 Tahun Bui di Kasus Suap Dana PEN
Didakwa Cabuli Ponakan, Suami Plt Bupati Labuhanbatu Divonis Bebas PN Rantauprapat
komentar
beritaTerbaru