Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Usai Tinjau Banjir di Dolokmasihul, Bupati Langsung Pimpin Rapat Terbatas

Redaksi - Rabu, 17 November 2021 21:36 WIB
331 view
Usai Tinjau Banjir di Dolokmasihul, Bupati Langsung Pimpin Rapat Terbatas
Foto : Dok/ Wan
TINJAU BANJIR : Bupati Sergai, H Darma Wijaya mengendarai sepeda motor berboncengan dengan Kadis PUPR Johan Sinaga meninjau kondisi banjir di Kecamatan Dolokmasihul, Rabu (17/11/2021).
Sergai (harianSIB.com)

Tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) Selasa (16/11/2021) malam hingga Rabu (17/11/2021) pagi, menyebabkan banjir melanda wilayah Kecamatan Dolokmasihul.

Berdasarkan data sementara dari BPBD Sergai, sekitar 718 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Kecamatan Dolokmasihul terdiri dari Desa Pekan Dolok 340 KK, Pekan Kamis 270 KK, Aras Panjang 90 KK, Desa Bantan 10 KK dan Desa Tegal Sari 8 KK.

Bupati Sergai, H Darma Wijaya, Rabu (17/11/2021) langsung memimpin rapat terbatas (Ratas) penanganan banjir di Sergai, khususnya di Kecamatan Dolokmasihul yang digelar di kediaman pribadi bupati di Desa Dolokmanampang, Kecamatan Dolokmasihul.

Rapat dihadiri Kadis PUPR Johan Sinaga, Kadis Perkim Sofyan Suri, Kadis Sosial Arianto, Kadis Pertanian Dedi Iskandar, Kepala BPBD Henri Suharto, Kepala Kesbangpol Kaharuddin dan Camat Dolokmasihul Gunawan Jaya Wardana Hasibuan.

Darma Wijaya mengatakan banjir di Sergai, khususnya di Dolokmasihul, akibat sungai tidak lagi mampu menampung air dan curah hujan yang terus menerus mengguyur Sergai.

"Banjir ini karena sungai tidak bisa lagi menampung air sehingga meluap ke permukiman warga yang khususnya berdekatan dengan aliran sungai," ujarnya..

Untuk mempercepat surutnya air, dia langsung memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk menurunkan alat berat dan memperlancar aliran air.

"Untuk sementara, kita turunkan alat berat. Kita harap aliran air di drainase lancar jadi mempercepat air surut," harapnya.

Sebelumnya, Darma Wijaya berkeliling kota Dolokmasihul menggunakan sepeda motor untuk mengetahui penyebab banjir di kawasan tersebut.

Menurutnya, hujan yang mengguyur sejak Selasa (16/11/2021) malam hingga Rabu (17/11/2021) pagi membuat sungai yang melintasi Dolokmasihul tidak dapat menampung debit air. Akibatnya, air setinggi betis orang dewasa merendam sebagian wilayah di Kecamatan Dolokmasihul.

Iapun mengimbau warga agar tetap waspada, karena dikhawatirkan air akan kembali naik akibat hujan yang berpotensi kembali terjadi.

"Tetap waspada, karena kemungkinan hujan kembali turun berdasarkan informasi dari BMKG," imbaunya kepada warga.

Selain itu, bantuan beras, mie instan dan terpal untuk membantu warga juga sudah disiapkan di kantor Lurah Pekan Dolok. "Beras sebanyak 137 goni, mie instan dan terpal disiapkan untuk warga yang terdampak banjir di Dolokmasihul," pungkasnya. (*)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bupati Sergai: Dengan Berkurban Perkuat Rasa Solidaritas dan Peduli Sesama
Soal Kans Duet dengan Boby Nasution di Pilgub Sumut, Darma Wijaya : Ya Sah-sah Saja
Bupati dan Wabup Sergai Hadiri Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Perundungan untuk Guru SD
Pemkab Sergai Dukung Perizinan Usaha Berbasis Risiko untuk Kemudahan dan Transparansi Investasi
Darma Wijaya Minta Kader Posyandu Maksimalkan Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat
Bupati Sergai Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
komentar
beritaTerbaru