Kamis, 18 Juli 2024

BNNK Karo Temukan Ladang Ganja di Tanjung Barus

Redaksi - Rabu, 11 Januari 2023 14:36 WIB
647 view
BNNK Karo Temukan Ladang Ganja di Tanjung Barus
(Foto: Dok/BNN Karo)
LADANG GANJA: Personel BNNK Karo mencabut tanaman ganja siap panen di Desa Tanjung Barus, Senin (9/1/2023) 
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karo menemukan ladang ganja di Perladangan Sibatu-batu Desa Tanjung Barus, Kecamatan Barusjahe, Senin (9/1/2023).

Kepala BNNK Karo, Adlin Muhtar Tambunan, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (11/1/2023), membenarkan pihaknya menemukan ladang ganja di wilayah perladangan Sibatu-batu di Desa Tanjung Barus.

Dikatakannya, awalnya personel seksi Pemberantasan BNNK Karo mendapat informasi dari masyarakat adanya peredaran gelap narkotika di sekitar Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat.

Saat itu langsung dilakukan penyelidikan di wilayah Desa Tongkoh terhadap seorang laki-laki dewasa berinisial SB (39), warga Barusjulu di lokasi Jalan Jamin Ginting, tepatnya di tikungan Pelawi Desa Tongkoh Kecamatan Dolat Rakyat Kabupaten Karo.

"SB berhasil ditangkap dan ditemukan satu paket narkotika jenis ganja kering dalam kemasan kertas koran dibungkus plastik warna hitam seberat 500 gram dan satu unit telepon seluler berwarna latar biru," katanya.

Lebih lanjut Tambunan mengatakan, saat interogasi, SB menjelaskan narkotika jenis ganja yang ada padanya milik B Sembiring untuk dijual. Kemudian personel BNNK Karo mencari B Sembiring, namun tidak ditemukan.

Dijelaskan Tambunan, dari pengakuan SB, personel Seksi Pemberantasan BNNK Karo berkoordinasi dengan Sepakat Sembiring anggota BPD Desa Tanjung Barus, untuk melakukan penyisiran ke perladangan milik B Sembiring di Perladangan Sibatu-batu.

Dari hasil penyisiran, ditemukan 103 batang ganja dengan ketinggian 2 sampai 3 meter dan 60 batang yang sudah dipanen sebelumnya.

"Tersangka SB sudah kita amankan beserta barang bukti lainnya, 1 lembar karung goni warna putih, 1 lembar sarung motif kotak warna merah, 1 timbangan berwarna oranye, 1 pisau cutter berwarna merah, 1 gunting berwarna hitam, 2 lembar kertas koran, 1 lembar plastik assoi warna hitam dan 1 lembar plastik bening," jelasnya.

Di lokasi yang sama, Danramil 01/BJ Kapten Inf J Sembiring dan Kapolsek Barusjahe AKP Ebenezer Tarigan turut melakukan penyisiran di perladangan Sibatu-batu di Desa Tanjung Barus.

Mereka pun mengamankan tanaman ganja kering sebanyak 2 karung.

"Anggota bersama personel Polsek Barusjahe telah menyisir perladangan Sibatu-batu dan menemukan ganja kering sebanyak 2 karung dan sudah kita bawa ke Polsek Barusjahe untuk pemeriksaan lebih lanjut," ucap Sembiring. (*)



Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Rutan Kabanjahe Gandeng TNI/Polri dan BNNK Razia Gabungan Insidentil
BNNK Karo Koordinasi dengan Pemkab Karo Terkait Pemberantasan dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
BNNK Karo Gelar Workshop P4GN dengan Insan Pers
BNNK Karo Ringkus Terduga Pengedar 17,86 Gr Sabu
Pernah Ditangkap BNNK Karo, Pengecer Sabu Diciduk Satres Narkoba
BNNP Sumut Musnahkan Ladang Ganja Seluas 4 Hektar di Pegunungan Madina
komentar
beritaTerbaru