Kamis, 18 Juli 2024

Puluhan Orangtua Siswa dan Para Tokoh Minta Kepala SD 030298 Simallopuk Dairi Segera Diganti

Redaksi - Jumat, 28 Juli 2023 18:35 WIB
426 view
Puluhan Orangtua Siswa dan Para Tokoh Minta Kepala SD 030298 Simallopuk Dairi Segera Diganti
(Foto: SIB/Tulus)
DATANGI SEKOLAH: Puluhan orangtua siswa dan tokoh masyarakat datangi SD 030298 Simallopuk, minta kepala sekolah dimutasi karena dinilai tidak beretika, Kamis (27/7) di Desa Parbuluan 1. 
Sidikalang (SIB)
Puluhan orangtua siswa dan tokoh masyarakat Desa Parbuluan 1, minta Kepala Sekolah SD Negeri 030298 Simallopuk, Hermanto Sembiring diganti/ dimutasi, Kamis (27/7) di kompleks SD.
Kehadiran orangtua siswa dan tokoh masyarakat di sekolah diterima Kepala Dinas Pendidikan Dairi Jonni Waslin Purba, Kabid SD Viddon Rajagukguk, Camat Parbuluan Sahat Marulitua Sinaga, Anggota DPRD Dairi Manat Sigalingging, Kepala Desa Parbuluan 1 Parihotan Sinaga, Ketua Komite SD 030298 Simallopuk Pranco Sinaga dan mewakili Kapolsek Parbuluan.
Orangtua siswa dan tokoh masyarakat secara bergantian menyampaikan aspirasi, agar kepala sekolah segera diganti. Menurut orangtua siswa, kepala sekolah kerap mengeluarkan kata-kata kotor kepada siswa dan guru.
“Orangtua tidak terima dengan perkataan Kasek itu. Kasek itu membuat situasi orangtua menjadi gaduh. Kami menilai kepala SD 030298 Simallopuk tidak beretika,” ucap mereka.
Padahal, kepala sekolah harusnya menjadi pemimpin dan teladan bagi guru serta siswa. Namun, faktanya, justru oknum kepala sekolah itu tidak menunjukkan sebagai pendidik. Kerap mengeluarkan kata-kata kotor.
Kemudian pengutipan uang terima kasih. Yang paling parah, kata mereka, setiap Sabtu pagi siswa melakukan ibadah, karena banyak persembahan siswa uang Rp 500, kepala sekolah marah-marah. Memberhentikan guru honorer secara sepihak, pada hal sudah 18 tahun mengabdi di SD 030298 Simallopuk. Demi kenyamanan, mereka meminta kepala sekolah (Kasek) harus dimutasi. Sehingga proses belajar dan mengajar di sekolah bisa berjalan dengan baik.
“Kami meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan, agar segera Hermanto Sembiring dimutasi dari SD 030298 Simallopuk,” ucap mereka.
Camat Parbuluan, Sahat Marulitua Sinaga menyampaikan permohonan maaf kepada orangtua siswa dan tokoh masyarakat. Katanya, masalah ini sudah muncul satu bulan lalu, dengan aspirasi Kasek dimutasi.
Ia mengaku tidak ada kapasitas camat untuk memutasi, tetapi tetap memberikan solusi terbaik bagi semua pihaknya.
Kemudian, ia sudah meminta Kasek mengembalikan uang terima kasih yang sudah terlanjur dikutip, yang bersangkutan siap untuk mengembalikan. Demikian juga persembahan ibadah Sabtu.
Kadis Pendidikan Dairi, Jonni Waslin Purba menyampaikan, aspirasi orangtua siswa dan tokoh masyarakat terkait kekurangan kepemimpinan kepala sekolah segera dilanjuti.
Katanya, soal mutasi kepala sekolah ada aturan birokrasi. Banyak hal yang harus diperhatikan siapa yang akan menggantikan. Namun, orangtua dan tokoh masyarakat diharapkan bersabar. Aspirasi yang disampaikan pasti segera ditindaklanjuti.
Lanjutnya, proses belajar dan mengajar di SD 030298 Simallopuk harus tetap berjalan dengan baik. Pengawas sekolah nantinya, akan diminta tetap melakukan monitoring ke sekolah. (B3/r)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sejumlah Orangtua Siswa Harapkan PPDB di SMAN 4 dan 2 Pematangsiantar Sistim Testing
Orangtua Siswa Harapkan Pilihan Sekolah yang Dituju PPDB SMA Jalur Zonasi Ditambah
Orangtua Siswa dan Guru SMP N 2 Simpang Empat Berharap PTM 100 Persen
Sekolah dan Orangtua Siswa Dukung Rencana PTM Terbatas di Tanjungbalai
Terkait PPDB Sumut, Gubernur Edy akan Panggil Panitia Pelaksana
Pansus LKPj Pertanyakan Beban Biaya Orangtua Siswa Saat Belajar Daring
komentar
beritaTerbaru