Rabu, 17 Juli 2024

Kendalikan Inflasi di Wilayah Kerja BI Pematangsiantar, TPID Gelar Monitoring dan Pasar Murah

Redaksi - Senin, 25 September 2023 20:40 WIB
201 view
Kendalikan Inflasi di Wilayah Kerja BI Pematangsiantar, TPID Gelar Monitoring dan Pasar Murah
Foto: Ist/harianSIB.com
Bank Indonesia  (BI) 
Pematangsiantar (SIB)
Dalam upaya mengendalikan inflasi di bulan Agustus 2023, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kota dan kabupaten di wilayah kerja Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar, (Pematangsiantar Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan), melaksanakan monitoring harga, komoditas melalui Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) maupun harga Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag).
Hal itu dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Muqorobin dalam siaran persnya yang diterima SIB, Sabtu (23/9).
Pertemuan dengan pelaku pasar dan pedagang besar itu, untuk mengidentifikasi pola historis dan kondisi perkembangan harga, serta penjajakan pelaku usaha potensial Kerjasama Antar Daerah (KAD) bulan Agustus 2023 lalu dan melaksanakan pasar murah di delapan titik selama enam hari pada akhir Agustus 2023 lalu. Selain itu, pihaknya juga melakukan High Level Meeting (HLM).
Menurutnya, bulan Agustus 2023 Kota Pematangsiantar mengalami deflasi sebesar -0,11 persen, yang didorong menurunnya harga daging ayam ras, seiring dengan terjaganya pasokan daging ayam ras sejak Juni hingga Agustus 2023.
Berdasarkan hasil survey PIHPS, jumlah pasokan daging ayam ras secara bulanan juga turut meningkat sebesar 21,1 persen (mtm) dari 182,75 kuintal di bulan Juli 2023, menjadi 221,21 kuintal di bulan Agustus 2023.
Dijelaskan, penurunan harga ikan tongkol dan bawang merah juga didorong pasokan yang terjaga kedua komoditas pangan tersebut. Realisasi deflasi di Kota Pematangsiantar tersebut lebih rendah dibandingkan dengan realisasi Provinsi Sumatera Utara yang mengalami deflasi sebesar -0,07 persen (mtmb) dan realisasi nasional yang mengalami deflasi sebesar 0,02 persen (mtm). (D3/d)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ombudsman Sumut Monitoring LAHP di SMAN 8 Medan
Umat Kristen Tanjungbalai Merasa Aman dan Nyaman saat Beribadah
Coklit Pilkada 2024 Sumut Sudah Capai 79 Persen
Bawaslu Binjai Monitoring Proses Pengawasan Coklit Data Pemilih
Proses Coklit se-Kabupaten Batubara Sudah 68,48%
Panwascam dan PPK Binjai Kota Monitoring Perekrutan Pantarlih Pilkada 2024
komentar
beritaTerbaru