Kamis, 18 Juli 2024

Pembangunan Ruang ICU RSUD Parapat Pakai Kosen Bekas

* Kepala Tukang: Masih Layak Pakai
Redaksi - Jumat, 29 September 2023 18:00 WIB
619 view
Pembangunan Ruang ICU RSUD Parapat Pakai Kosen Bekas
(Foto: SIB/Linggom Parhusip)
KOSEN BEKAS: Pembangunan 3 unit ruang ICU RSUD Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun menggunkan kosen
Parapat (SIB)
Pembangunan tiga unit ruangan Intensif Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun berbiaya Rp 559.997.812 memakai kosen dan teralis besi jendela bekas, Kamis (28/9).
"Empat kosen jendela dan trali besi bekas masih layak dipakai sehingga tetap dipasang untuk bangunan tiga unit ruangan ICU RSUD Parapat," ungkap kepala tukang yang membangun RSUD Parapat Lambok Silaban sembari menunjukkan kosen bekas tersebut.
Dia menjelaskan, meskipun beberapa sudut kosen jendela sudah soak dan tidak mulus lagi, tetapi kosen tersebut masih kuat dan layak pakai. "Kosen masih kuat dan hanya dicat agar terlihat baru," ungkapnya.
Sementara itu, pengamat pembangunan Kota Wisata Parapat J Situmorang dan D Sinaga menyayangkan pembangunan ICU RSUD Parapat menggunakan kosen dan teralis besi bekas dan beberapa meter dinding bangunan lama masih dipakai dan tidak dibongkar, meskipun sudah retak.
Situmorang meyampaikan, selayaknya kosen bangunan ICU RSUD Parapat harus baru dan bangunan lama juga harus dibongkar.
"Rencana Anggaran Belanja pembangunan 3 ruangan ICU RSUD Parapat yang menggunakan kosen jendela bekas dipertanyakan," katanya.
Sinaga berharap dan meminta Aparat Penegak Hukum (APH) mengecek kualitas bangunanan tersebut, karena dinilai tidak sesuai dengan nilai kontrak.
Amatan di lokasi, tampak 4 unit sudut kosen jendela bekas telah dicat warna coklat disinyalir untuk menutupi visual sudut konsen sudah lecet.Terlihat di beberapa titik diding luar bangunan yang sudah retak tampak ditambal sulam oleh tukang.
Di plang proyek tertulis, Pemerintah Kabupaten Simalungun, pekerjaan rehab ruangan ICU RSUD Parapat, dengan nilai kontrak Rp 559.997.812, dari APBD Kabupaten Simalungun 2023. (D9/c)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
RSUD Parapat Dibangun Berbiaya Rp 40 M, Nantinya Layani Pasien Kanker hingga Stroke
Banggar DPRD Simalungun Harapkan Direktur RSUD Maksimalkan Serapan Anggaran
Banggar DPRD Ingatkan RSUD Parapat dan Rondahaim Serius Kelola Anggaran di P-APBD Simalungun 2023
RSUD Parapat Gelar Bhakti Sosial Pemeriksaan Jantung Gratis
Tenaga Medis RSUD Parapat Sukses Gelar Operasi Katarak Perdana
Dirut RSUD Parapat Serahkan Tali Asih ke Pasien Non Register yang Dirawat di Parapat
komentar
beritaTerbaru