Rabu, 17 Juli 2024

Warga Nagori Doloktomuan Apresiasi Pembangunan Sarana Air Bersih Program Pamsimas

Redaksi - Minggu, 22 Oktober 2023 18:03 WIB
209 view
Warga Nagori Doloktomuan Apresiasi Pembangunan Sarana Air Bersih Program Pamsimas
(Foto: SIB/Linggom Parhusip)
BANGUN BAK : TPK Pamsimas mulai membangun bak penampung air bersih di umbul air Dusun Parsaoran Nagori Doloktomuan, Kecamatan Dolokpanribuan, Kabupaten Simalungun, Sabtu (21/10). 
Tigadolok (SIB)
Belum pernah menikmati air bersih di dalam rumah, warga Dusun Parsaoran Nagori (Desa) Doloktomuan, Kecamatan Dolokpanribuan, Kabupaten Simalungun yaitu bermarga Simanjuntak dan Sinaga mengapresiasi pembangunan sarana air bersih program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).
"Kita sangat senang dan berterimakasih kepada pemerintah pusat, karena saat ini pembangunan sarana pipanisasi air bersih dari sumber air menuju pemukiman warga secara gravitasi mulai dibangun," ujar Simanjutak didampingi rekannya bermarga Sinaga di Dusun Parsaoran.
Menurut Simanjuntak, semenjak Indonesia merdeka, 55 kepala keluarga (KK) di Dusun Dolokparsaoran, Nagori Dolokpanribuan belum pernah menikmati air bersih di dalam rumah dan selama itu, warga masih mengambil air bersih menggunakan ember dan jeregen dari umbul air berjarak149 meter dari pemukiman malalui jalan setapak.
Dikatakan, warga sekitarnya merasa senang, karena saat ini pemerintah pusat mulai membangun prasarana air bersih tersebut. "Saat ini para pekerja mulai membangunan bak penampung air di sekitar sumber air, bak pendistibusian dan penginstalan pipa air," ungkap Simanjuntak.
Sementara itu, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Marga Siahaan menyampaikan, pembangunan Pamsimas itu merupakan Program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat Dusun Parsaoran.
Kata Siahaan, dua bak penampung dan bak pendistribusian saat ini proses pembangunan, selanjutnya pengistalan seluruh pipa untuk penyaluran air ke rumah warga secara gravitasi. "Kita berharap penyelesaian pembangunan Pamsimas ini sesuai dengan estimasi," ujarnya.
Di plang tertulis, Pamsimas Kelompok Masyarakat (Pokmas) Dusun Parsaoran, pekerjaan pembangunan sarana air bersih, pelaksana Pokmas Dusun Parsaoran, nomor kontrak 83/SPK-SML/Satker-PPPW II-SU/PPK-AM/Pamsimas 2023, tanggal kontrak 5 Nompeber 2023, nilai kontrak Rp 444.500.000, sumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan swadaya masyarakat. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru