Senin, 15 Juli 2024

Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2024 Digelar

Redaksi - Rabu, 25 Oktober 2023 20:44 WIB
266 view
Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2024 Digelar
(Foto: SIB/Marlinto Sihotang)
Polisi menggunakan tameng dalam simulasi Sispamkota di Kantor KPUD Karo, Selasa (24/10). 
Kabanjahe (SIB)
Polres Tanah Karo menggelar simulasi pengamanan kota menjelang penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Selasa (24/10).
Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) ini, melibatkan 140 personel yang nantinya dikerahkan membantu mengamankan proses Pemilu tahun 2024 mendatang. Seluruh personel dari berbagai satuan ini tergabung dalam tim dengan sandi Ops Mantab Brata 2023.
"Simulasi Sispamkota ini kita lakukan untuk mengecek kesiapan personel Polres Tanah Karo dalam melaksanakan pengamanan Pemilu, khusunya saat pemungutan suara pada Pilpres nanti," kata Kapolres Karo AKBP Wahyudi Rahman.
Ia menyebut, hal yang dilakukan pada simulasi mulai dari teknik pencegahan hingga ekskalasi yang meningkat. "Mulai dari situasi yang aman, biasa, kemudian rawan, hingga sangat rawan," ujarnya.
Di lapangan, simulasi dilakukan dengan Tactical Floor Game (TFG) yang dipimpin Kabag Ops Polres Tanah Karo Kompol Abdi Abdullah.
Usai simulasi TFG, selanjutnya massa yang diibaratkan sudah tiba di depan Kantor KPUD Karo langsung berhadapan dengan personel pengendalian massa (Dalmas) preventif.
"Semua potensi kerawanan sudah kita mapping, ini juga kita lakukan agar personel kita sudah mengerti tugas dan tanggung jawabnya masing-masing," kata Kapolres.
Kapolres berharap dengan adanya simulasi ini dapat menjadikan semua tahapan Pemilu di Kabupaten Karo berjalan aman dan damai. (**)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Perputaran Uang Pemilu 2024 Capai Rp80 Triliun, Libatkan Partai Hingga Pejabat
KPU Medan Tetapkan 50 Caleg Terpilih, 31 Diisi Wajah Baru
Rakernas PDIP Nilai Pemilu 2024 Paling Buruk
35 Calon Anggota DPRD Labura Terpilih Pemilu 2024 Belum Ditetapkan, Ini Kata Ketua KPU
KPU Asahan Tetapkan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih DPRD Asahan Hasil Pemilu 2024
Ini Perolehan Kursi dan 45 Caleg Terpilih untuk DPRD Labuhanbatu Hasil Pemilu 2024
komentar
beritaTerbaru