Kamis, 18 Juli 2024
Momentum HUT ke-153 Kota Pematangsiantar

Unsur Forkopimda Laksanakan Rapat Paripurna dan Ziarah ke Jorat Raja Sangnaualuh Damanik

Redaksi - Kamis, 25 April 2024 16:44 WIB
254 view
Unsur Forkopimda Laksanakan Rapat Paripurna dan Ziarah ke Jorat Raja Sangnaualuh Damanik
Foto Dok/Ekoinra Siahaan
ZIARAH : Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani SpA (tengah) saat berziarah ke Jorat Raja Sangnaualuh Damanik pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-153 Tahun Kota Pematangsiantar, Rabu (24/4). 
Pematangsiantar (SIB)
Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-153 Kota Pematangsiantar, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan rapat paripurna di gedung Harungguan DPRD Pematangsiantar, dan dilanjutkan berziarah ke jorat Raja Sangnaualuh Damanik di Kelurahan Pematang Kota Pematangsiantar, Rabu (24/4).

Di tengah sidang paripurna berlangsung, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya mengucapkan, Dirgahayu ke-153 tahun buat Kota Pematangsiantar. Menurutnya, seiring perjalanan panjang yang dilalui selama 153 tahun, Pematangsiantar mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun sosial, ekonomi dan budaya.

“Kita menyadari bersama masyarakat Kota Pematangsiantar menaruh harapan besar bagi kita sekalian sebagai penyelenggara pemerintahan, agar Kota Pematangsiantar kita ini senantiasa mengalami perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik,” terang Susanti.

Dia mengajak seluruh elemen saling bersinergi dan bekerjasama dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat Kota Pematangsiantar sebagaimana motto “Sapangambei Manoktok Hitei” demi mewujudkan Kota Pematangsiantar sehat, sejahtera, dan berkualitas. “Kita yakin dan percaya, melalui momentum peringatan Hari Jadi Kota Pematangsiantar ke-153 Tahun 2024 ini, mengingatkan kita bersama perjuangan untuk menghadirkan kesejahteraan bagi warga Kota Pematangsiantar harus tetap kita perjuangkan,” pungkasnya.

Sebagai kota yang majemuk dan dihuni berbagai suku, etnis, dan agama, sambung Susanti, harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Kebersamaan dan gotong royong tentu harus tetap dipupuk serta merawat dan melestarikan budaya lokal yang ada di tanah “Habonaron Do Bona” ini. “Semoga dengan peringatan hari bersejarah ini, menjadi momentum bagi kita untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita perbuat bagi kota kita ini. Sehingga melahirkan momentum perubahan, bukan saja demi kepentingan pribadi, keluarga dan masyarakat, tetapi juga bagi nilai-nilai budaya dan kemanusiaan,” ungkapnya.

Saat berjiarah ke jorat Raja Sangnaualuh, Susanti mendukung pembangunan tugu Raja Sangnaualuh dikerjakan tahun 2024 ini. Pemko Pematangsiantar telah mengganggarkan dana hibah Tahun Anggaran 2024 untuk pembangunan tugu tersebut. “Jangan sampai gagal lagi untuk kesekian kalinya,” kata Susanti penuh harap.

Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga SH pada kesempatan itu mengatakan, memperingati HUT secara filosofis, dimaknai dengan peringatan untuk melihat masa lalu sebagai mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi menapaki masa kini, dan memandang masa depan. Artinya, peringatan ini dijadikan mawas diri atau introspeksi diri untuk tujuan masa depan Kota Pematangsiantar yang lebih baik.

“Kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kota Pematangsiantar pada tanggal 24 April 1871, yang disesuaikan dengan tahun lahirnya Raja Sangnaualuh pada tanggal 24 April 1871. Kita juga tidak boleh lupa Sangnaualuh putra Kota Pematangsiantar yang rela berjuang melawan Belanda dari bumi Pematangsiantar dan mengorbankan diri, harus dibuang ke Bengkalis dan wafat di sana,” terangnya.

Peringatan hari jadi Kota Pematangsiantar ini bukan hanya seremonial. Namun, kata Timbul, harus mampu meneladani sifat yang dimiliki Raja Sangnaualuh, yang pengasih, pelayan, jujur, berani, bertanggungjawab, teguh pendirian, saling menghormati dan saling membangun. Selain itu sifat kepribadian beliau adalah iman yang kuat, rendah hati, sesuai perkataan dan perbuatan, berbuat untuk rakyat, anti penindasan, sakti, dan dekat kepada rakyat.

Tampak hadir, Danrem 022/Pantai Timur, Kolonel Inf Agustatius Sitepu SSos MSi MHan, Danrindam I/BB, Kolonel Inf Charles Binsar Parulian Sagala SH MIP. Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Siamet Faojan MHan, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematangsiantar, Jurist Precisely Sitepu SH MH.

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Rinto Leoni Manullang SH MH, Dandenpom 1/1 Pematangsiantar, Mayor CPM Irawan, Danyonif 122/Tombak Sakti, Letkol Inf Diki Apriyadi Shub Int, Danki Brimob Subden 2B Pematangsiantar, AKP Ronny Sarkho SH MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Pematangsiantar, Drs HM Hasbi MH, Ketua Yayasan Raja Sangnaualuh dan Ihutan Bolon Damanik Kota Pematangsiantar, Pj Sekretaris Daerah, Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, Sekretaris DPRD Pematangsiantar, Eka Hendra SSos, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, para Camat se-Kota Pematangsiantar dan lainnya. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bobby Nasution : Reforma Agraria Upaya Penting dan Strategis dalam Mewujudkan Keadilan
BC Teluk Nibung Musnahkan Barang Hasil Penindakan Senilai Rp 2,1 M
Bobby Nasution Berharap Kesehatan dan Produktivitas Lansia Terpenuhi
Bupati Ngopi Bareng bersama Forum TJSLP Sergai Bahas Program CSR
Pj Gubernur Agus Fatoni Diapresiasi Libatkan Forkopimda Kepanitiaan PON
Jamaah Haji Tiba di Simalungun, Seorang Meninggal Dunia
komentar
beritaTerbaru