Kamis, 18 Juli 2024

44 Siswa SMAN 1 Doloksanggul Masuk PTN, Tujuh di Antaranya Fakultas Kedokteran

Redaksi - Jumat, 26 April 2024 19:33 WIB
631 view
44 Siswa SMAN 1 Doloksanggul Masuk PTN, Tujuh di Antaranya Fakultas Kedokteran
Foto: Ist/harianSIB.com
Panutur Simorangkir
Humbahas (SIB)


Berdasarkan hasil pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), SMA Negeri 1 Doloksanggul berhasil meluluskan 44 orang siswanya masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).


Hal ini disampaikan Kepala SMA N-1 Doloksanggul, Panutur Simorangkir kepada wartawan SIB, Rabu (24/4). "Banggalah. Tidak hanya jumlah, tapi kualitasnya. Dari 44 orang yang masuk jalur SNBP, 23 diterima di PTN di Pulau Jawa dan tujuh fakultas kedoktera. Dan yang lebih membanggakan, saya mempunyai guru yang rendah hati dan serius mendidik siswa," ujar Panutur.

Baca Juga:

Panutur Simorangkir mengaku bahwa selera siswa SMA Negeri 1 Doloksanggul sudah tinggi-tinggi. Siswa berlomba-lomba ke Jawa dan ke kedokteran. "Agak ngeri saya membayangkan, sekelas Doloksanggul siswanya seleranya tinggi. Tapi, ternyata kita mampu bersaing dan masuk FK Undip, masuk UGM dan Brawijaya," sambung Panutur lagi.


Menurut Panutur, SMA 1 Doloksanggul akan tetap berbenah agar siswa semakin kompetitif di tingkat nasional. "Lagipula, Pemkab Pemkab Humbahas memberikan beasiswa kepada siswa yang masuk 10 besar PTN seperti UI, ITB, ITS, Gajahmada dan universitas lainnya. Jadi, apa salahnya kita berlomba-lomba agar Humbang makin maju?" ucapnya lagi.

Baca Juga:

Dia tak lupa mengingatkan siswa yang belum lolos masuk PTN jalur SNBP, agar jangan berkecil hati karena masih ada jalur tes dan ikatan dinas. "Kami sudah berusaha membuat yang terbaik dan kenangan bagi mereka. Semoga suatu saat mereka sukses dan mau membangun sekolah ini," tukas Panutur.


Secara rinci, siswa SMAN 1 Doloksanggul yang masuk PTN di Pulau Jawa itu masing-masing enam orang masuk Universitas Brawijaya, lima masuk Universitas Diponegoro, dua orang di Universitas Gajahmada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Sedangkan di Institut Teknologi Surabaya, Universitas Pajajaran, Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Semarang, masing-masing satu orang.


Siswa yang masuk fakultas kedokteran atas nama Michelle Irene Febe Simamora (Universitas Brawijaya), Glen Kevin Harun Sitorus dan Tia Glory Sinaga (Universitas Diponegoro), Joyvanca Beatris Sianturi (Universitas Pajajaran), Naomi Jeges Margaretha Aritonang (Universitas Lampung), Parsaulian Chrisdaymon Lubis (Universitas Lambung Mangkurat) dan Kelly Presy Christy Hutagalung (Universitas Lampung).


Sebanyak enam siswa SMA N 1 Doloksanggul juga lolos ujian tes ke Universitas Pertahanan (Unhan). Mereka akan ujian kesamaptaan dan wawancara di Kampus Unhan. Keenam siswa tersebut, Parsaulian Chrisdaymom Lubis, Christine Sri Ulina Banjarnahor, Ester Juliana Sianipar, Kerin Febiola Purba, Olivia Floren Simamora dan Endru Gracia Siallagan (**)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Anggota DPR RI Hadiri Safari Gemarikan untuk Cegah Gizi Buruk dan Stunting di Karo
Dishub Medan Tegaskan Pelataran Toko dan Minimarket Masuk Cakupan Parkir Berlangganan
Rohandes Parasian Nainggolan Jabat Plh Kepala SMAN 1 Bosar Maligas
Sambut HBA ke-64 dan HUT IAD XXIV, Kejari Palas Donor Darah, Baksos dan Anjangsana
Bupati Simalungun Terima Kunjungan Kepala Subdirektorat Perencanaan Pendanaan BNPB Pusat
Penarik Becak Ditembak, Petugas Parkir Diringkus, 13 Kg Ganja Disita Polres Labuhanbatu
komentar
beritaTerbaru