Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Banyak Sarana yang Memprihatinkan, Pemerhati Pendidikan Sayangkan Meriahnya Peringatan Hardiknas Tingkat Toba

Eduwart MT Sinaga - Kamis, 02 Mei 2024 21:03 WIB
1.098 view
Banyak Sarana yang Memprihatinkan, Pemerhati Pendidikan Sayangkan Meriahnya Peringatan Hardiknas Tingkat Toba
Foto : dok/ Kominfo Toba
Foto Bersama: Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Toba Rikardo Hutajulu foto bersama dengan para siswa SLTP asal Toba yang berhasil masuk ke 2 sekolah unggulan, Kamis (2/5/2024).
Toba (harianSIB.com)

Ir Sahat Butarbutar yang merupakan pemerhati pendidikan di Kabupaten Toba menyayangkan perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Toba yang dipusatkan di Laguboti diperingati secara meriah dan besar-besaran, Kamis (2/5/2024).

" Pasalnya masih banyak infrastruktur sekolah di Kabupaten Toba yang masih memprihatinkan yang perlu segera mendapat perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Toba untuk segera ditangani," ungkap Sahat Butarbutar kepada wartawan, Kamis (2/5/2024).

Selaku masyarakat yang perduli dengan masa depan Kabupaten Toba, ujarnya, ia sangat menyayangkan perayaan Hardiknas dengan sangat meriah apalagi sampai menelan biaya yang besar.

Menurutnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kurang tepat membuat pesta perayaan sebegitu meriah melihat kondisi infrastruktur dan sarana prasarana pendidikan Toba masih banyak yang di bawah standar.

"Contohnya seperti di daerah Habornas (Habinsaran, Borbor, Nassau) masih banyak gedung sekolah yg harus diperhatikan pembangunannya apakah itu gedung atau fasilitas lainnya," paparnya.

Kedepannya, pria yang juga sebagai Ketua Lembaga Bantuan Hukum Lembaga Merah Putih Kabupaten Toba ini, berharap agar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga lebih memperhatikan mutu pendidikan, infrastruktur dan sarana prasarana.

"Karena itu jauh lebih penting daripada pesta atau peringatan, kurang bermanfaat bagi peserta didik," tegasnya.

Disebutkan, proses belajar mengajar yang lebih nyaman, aman dan berkualitas itu yang didambakan anak - anak guna mempersiapkan generasi masa depan bangsa.

" Seharusnya Pemkab Toba sudah harus mendukung langkah - langkah yg sudah dilakukan oleh Pak TB Silalahi dan Pak Luhut Binsar Panjaitan yang sangat memperhatikan kualitas pendidikan untuk masa depan anak - anak dari Toba sehingga jauh lebih maju dimasa yang akan datang," pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu yang ditanya wartawan menyampaikan, bahwa perayaan tersebut masih wajar dan perayaannya biasa saja.

" Saya pikir ini perayaannya biasa saja. Hanya kita rangkai dengan pentas seni siswa. Pentas seni siswa ini juga sama pentingnya untuk mengembangkan potensi anak," terangnya.

Dikatakannya, pentas seni adalah salah satu implementasi kurikulum merdeka yakni projek penguatan profil pelajar Pancasila.

" Seraya kita membangun infrastruktur juga membangun dan mengembangkan potensi siswa, " pungkasnya. (**)


Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Desa Pangombusan Wakili Toba Lomba Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumut
Kontingen dari Batubara Siapkan Penampilan Terbaik Untuk Pesparawi di Balige
Petani Toba Harapkan Harga Gabah Stabil Hingga Jelang Panen Raya
Program Bank Sampah di Toba Mendapat Penghargaan
Jalan Tarnama Sinambela di Narumonda Rusak Parah
DPC PKB Toba Buka Pendaftaran Penjaringan Balon Bupati/Wabup Toba
komentar
beritaTerbaru