Senin, 20 Mei 2024 WIB

Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas

Sahat M. Sihite - Kamis, 16 Mei 2024 23:03 WIB
284 view
Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas
Foto Dok/Kominfo
ZOOM : TPPS Kabupaten Humbahas saat mengikuti zoom dalam acara Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting se-Sumatera Utara, di Ruang Rapat Bappelitbangda, Rabu (15/5/2024).
Humbahas (harianSIB.com)
Tim Penilai dan Panelis Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) yang berhasil menurunkan angka stunting dari 29,6% pada tahun 2022 menjadi 18,4% pada tahun 2023, yang berarti berhasil menurunkan 11,2%.

Apresiasi ini disampaikan pada acara Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2023 dilaksanakan melalui zoom dan diikuti Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Humbang Hasundutan di ruang rapat Bappelitbangda, Rabu, (15/5/2024).

Kepala Bappelitbangda Humbahas, Pahala Lumban Gaol memaparkan pelaksanaan delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Kabupaten Humbahas tahun 2023, di hadapan Tim Penilai dan Panelis Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga:

Pahala Lumban Gaol dalam paparannya menguraikan, Pemerintah Kabupaten Humbahas telah melakukan berbagai upaya lintas sektoral sehingga prevalensi stunting turun secara signifikan dari 29,6% tahun 2022 menjadi 18,4% pada tahun 2023 (berdasarkan Survey Kesehatan Indonesia Tahun 2023).

Visi dan misi Kebijakan Pembangunan Kabupaten Humbahas yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, diantaranya adalah Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Melalui Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan dan Kesehatan. Berbagai regulasi dan peraturan terkait percepatan penurunan stunting telah diterbitkan, dan berkat hal ini, maka angka stunting di Kabupaten Humbahas ini telah mengalami penurunan.

Baca Juga:

Usai pemaparan, tim panelis memberikan arahan dan masukan agar Pemerintah Kabupaten Humbahas melengkapi berkas-berkas pelaksanaan delapan aksi yang sudah dilaksanakan di Humbahas.

Penilaian kinerja pencegahan dan penurunan Stunting se-Sumatera Utara ini dilaksanakan secara video conference dimana para panelis yang terdiri dari Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, BKKBN Provinsi Sumatera, serta Alakademisi mengikuti kegiatan ini dari Kantor Bappelitbangda Sumatera Utara. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pemkab Sergai Upayakan Solusi Terbaik Turunkan Prevalensi Stunting
Polres Humbahas Tangkap Tiga Tersangka Pelaku Togel Online di Lintong Nihuta
Nilai Impor Sumut Maret 2024, Terbesar dari Singapura 89,16 Juta Dolar AS
Kadis Kesehatan Deliserdang Ajak Semua Pihak Kerja Sama Atasi Stunting
Sergai Peringkat 8 Angka Stunting Terendah se-Sumut
Perekonomian Sumut Terakselerasi 4,5-5,3% , Optimisme Permintaan Domestik, Pemilu dan PON Sumut
komentar
beritaTerbaru