Kamis, 18 Juli 2024

Plt Bupati dan Dandim 0209/LB Serahkan Bantuan Alsintan Kementan untuk Kelompok Tani

Efran Simanjuntak - Selasa, 04 Juni 2024 21:39 WIB
261 view
Plt Bupati dan Dandim 0209/LB Serahkan Bantuan Alsintan Kementan untuk Kelompok Tani
Foto: Dok/Diskominfo
BANTUAN ALSINTAN: Plt Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar bersama Dandim 0209/LB Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro, Ketua Persit dan Kadis Pertanian H Agus Salim Ritonga menyerahkan bantuan Alsintan Kementan ke Poktan dan Gapoktan, Selasa (5/6/2024), d
Rantauprapat (SIB News Network|SNN)
Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar bersama Dandim 0209/LB Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro dan Ketua Persit menyerahkan bantuan alat sistem pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan) kepada Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (4/6/2024), di Makodim 0209/LB, Jalan Abdul Azis Rantauprapat.

"Semoga Alsintan ini dapat digunakan untuk memperluas areal tanam dan meningkatkan produksi pertanian padi, serta meningkatkan indeks pertanian kita," sebut Ellya Rosa, saat menyerahkan bantuan hand traktor dan alat pompanisasi.

Ellya Rosa berharap jika selama ini petani padi Labuhanbatu hanya mampu panen sekali setahun, dengan bantuan hand traktor dan alat pompanisasi dapat panen padi menjadi 3 kali setahun.

Baca Juga:

Dia juga berharap Gapoktan dan Poktan menggunakan bantuan itu dengan baik dan dapat menjaga serta merawatnya, sehingga tujuan dari pemberian bantuan dapat terwujud.

"Selain itu, iringilah penggunaan teknologi ini dengan perawatan lahan pertanian, seperti penggunaan pupuk dan sebagainya, agar ketahanan pangan kita dapat terjaga," pesannya.

Baca Juga:

Dandim 0209/LB, Letkol Inf Yudi pada kesempatan itu mengatakan bantuan ini merupakan lanjutan program optimasi lahan di Desa Seirakyat, Merantipaham dan Seipelancang yang masih berjalan.

"Alat pertanian yang diserahkan ini merupakan pemberian, bukan hadiah, dan harus dipertanggungjawabkan penerima, dengan harapan memberikan manfaat kesejahteraan kepada petani. Darurat pangan juga akan terkikis jika kita terus bekerja sama," sebut Yudi.

Menurut Dandim, bantuan itu tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah, meskipun TNI yang bekerja.

"Ini merupakan bukti kolaborasi pemerintah dengan TNI untuk kesejahteraan petani di Kabupaten Labuhanbatu," kata Yudi.

Sementara itu, Ketua Poktan Desa Seirakyat, Suyanto menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan TNI atas bantuan tersebut. Ia berharap bantuan itu dapat meningkatkan produksi pertanian padi di Labuhanbatu.

"Semoga nantinya kami mampu meningkatkan indeks pertanian yang sebelumnya satu atau dua kali panen setahun menjadi tiga kali setahun dan produksinya meningkat," harapnya. (**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Plt Bupati dan Dandim 0209/LB Raih Penghargaan TMMD 120 dari Kasad
Hasil Muskab, Muhammad Rusli Pimpin PMI Labuhanbatu
Hj Ellya Rosa Siregar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Seinahodaris
Wabup Sergai Adlin Tambunan Beri Bantuan Traktor ke Gapoktan Desa Seibuluh
Target Masuk Final, Manajer Tim Disdik Support Pemain Jelang Liga Antar OPD Labuhanbatu
Plt Bupati dan Ketua DPRD Labuhanbatu Hadiri Penyampaian LHP BPK di Jakarta
komentar
beritaTerbaru