Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Moettaqien: Tebingtinggi Harus Segera Berbenah Sebelum Tol Pematangsiantar dan Tanjungbalai Dibuka

JA Bangun - Selasa, 11 Juni 2024 15:55 WIB
988 view
Moettaqien: Tebingtinggi Harus Segera Berbenah Sebelum Tol Pematangsiantar dan Tanjungbalai Dibuka
(Foto: Dok/Tejo)
RAKOR: Pj Wali Kota Tebingtinggi Moettaqien Hasrimi, didampingi Kepala Bappeda Erwin Damanik, Ketua KPU Emil Sofyan dan Ketua Bawaslu Amsal Franky H Tambun menghadiri rakor, di Kantor Bappeda, Selasa (11/6/2024).
Tebingtinggi (harianSIB.com)
Dibukanya akses Tol Pematangsiantar dan Tanjungbalai menjadi tantangan bagi Tebingtinggi untuk berbenah, sehingga diperlukan sumbangsih dari berbagai elemen masyarakat.

"Tantangan Tebingtinggi pasti lebih besar jika telah bukannya akses Tol Pematangsiantar dan Tanjung Balai. Banyak efek yang akan dipengaruhinya," kata Pj Wali Kota Tebingtinggi Moettaqien Hasrimi, saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Teknokratik RPJMD, di Kantor Bappeda, Jalan Delima, Selasa (11/6/2024).

Moettaqien menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan Bappeda dalam penyusunan Teknokratik RPJMD merupakan turunan dari Pusat. Kota Tebingtinggi harus dapat menyesuaikannya dengan menerapkan visi dan misi yang telah disusun Bappeda.

Baca Juga:

"Penyusunan Teknokratik RPJMD telah mengacu dari pusat. Bappeda dapat menyerahkan drafnya ke peserta, khususnya beberapa bakal calon (Balon) yang diundang agar menyamakannya dalam pembuatan visi dan misinya," ucapnya.

Ia kembali mengingat agar dalam pembahasan nantinya yang menjadi perhatian serius yakni Tebingtinggi mampu menjadi kota hunian.

Baca Juga:

"Tebingtinggi tidak jauh lagi jaraknya dari kabupaten/kota yang ada di Sumut karena sudah ada akses tol. Untuk itu, langkah awal harus dijadikan tempat persinggahan atau hunian, karena dianggap nantinya mampu meningkatkan perekonomian," katanya.

Selain itu, Moettaqien juga menyoroti ketahanan pangan yang lahannya semakin sempit karena sudah sebagai dijadikan rumah oleh warga.

"Lahan sawah semakin sempit. Ini juga harus dipikirkan untuk mempertahankan adanya lahan pangan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Erwin Dammanik mengatur sosialisasi ini untuk membuat rancangan RPJMD 2025 yang menggambarkan tentang Kota Tebingtinggi.

"Tantangan trend demografi, Tebingtinggi saat ini lebih banyak jumlah perempuan. Pertumbuhan penduduk pasti akan meningkat dan fasilitas pendidikan harus diperhatikan," katanya.

Dijelaskannya, kegiatan ini juga bentuk dukungan fokus kebijakan nasional menurunkan stunting, kemiskinan, pengendalian inflasi, gas rumah kaca dan pertumbuhan ekonomi.

"Aspek yang perlu didiskusikan menjadi acuan terhadap kebijakan pusat," tutupnya. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Wali Kota Dukung ESI Tebingtinggi Gelar Turnamen Game Online
Pj Wali Kota Tebingtinggi Ajak HKTI Temui Poktan
Pj Wali Kota Tebingtinggi Tinjau Pemotongan Hewan Qurban
Lantik 240 PPPK Tebingtinggi, Pj Wali Kota Tekankan ASN Harus Miliki Jiwa 'Esprit De Corps'
Moettaqien Minta Ketua KPU dan Bawaslu Tebingtinggi Laporkan Jika Ada Kendala
Sambangi Warga di Warung Kopi, Pj Wali Kota Tebingtinggi Bertemu 3 Kepling
komentar
beritaTerbaru