Selasa, 23 Juli 2024

2 Pasangan Balon Bupati-Wakil Bupati Dairi Jalur Perseorangan Dinyatakan Memenuhi Syarat

Tulus P Tarihoran - Rabu, 10 Juli 2024 21:48 WIB
386 view
2 Pasangan Balon Bupati-Wakil Bupati Dairi Jalur Perseorangan Dinyatakan Memenuhi Syarat
(Foto: SNN/Tulus P. Tarihoran)
TANDATANGANI: Komisioner KPU Dairi menandatangani berita acara rapat pleno terbuka, Rabu (10/7/2024), di Ones Hotel SMKN 1 Sidikalang.
Sidikalang (harianSIB.com)
Dua pasangan bakal calon Bupati- Wakil Bupati Dairi jalur perseorangan dinyatakan memenuhi syarat dan tidak perlu melakukan perbaikan setelah ditetapkan KPU Dairi pada pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual (Verfak) kesatu, Rabu (10/7/2024), di Ones Hotel SMKN 1 Sidikalang.

Ketua KPU Dairi, Aryanto Tinendung membacakan berita acara rapat pleno itu menyebutkan, hasil rekapitulasi pasangan bakal calon (balon) Rimso Maruli Sinaga/Barita Sihite, menyerahkan 29.065 dukungan. Dari jumlah itu, memenuhi syarat (MS) 22.989 dukungan dan tidak memenuhi syarat (TMS) 6.076 dukungan.

Pasangan David Partahan Najogi Sasta Maju Tambunan-Anwar Sani Tarigan mengajukan 30.207 dukungan, MS 25.201 dukungan dan TMS 5.006 dukungan.

Baca Juga:

Kedua pasangan balon jalur perseorangan dinyatakan memenuhi syarat, jika memiliki minimal 22.722 dukungan, sebaran dukungan di 15 kecamatan dan minimal di 8 kecamatan.

"Kedua pasangan bakal calon memenuhi syarat dan lulus menjadi calon perseorangan," katanya.

Baca Juga:

Rapat pleno hasil verifikasi faktual menjumlahkan hasil verifikasi faktual berdasarkan desa/ kelurahan dan kecamatan yang memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) setiap bapaslon.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Dairi, Idrus Maha mengatakan, dalam menjalankan tugas dibutuhkan integritas dalam menjalankan Verfak, karena Verfak merupakan tanggungjawab yang harus dijalankan dengan baik dan sesuai aturan.

Katanya, Bawaslu memiliki catatan eksternal selama Verfak. Hal itu sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan.

Rapat pleno terbuka kesatu turut dihadiri Bapaslon Rimso Maruli Tua Sinaga-Barita Sihite dan Bapaslon Jogi Tambunan, didampingi pendukung, perwakilan Forkopimda, PPK se-Kabupaten Dairi.(**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
KPU Dairi Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Balon Perseorangan Pilkada 2024
KPU Dairi : Pantarlih Harus Datangi Rumah Warga untuk Coklit
KPU Batubara Tetapkan Kursi dan 40 Anggota DPRD Terpilih hasil Pemilu 2024
Ketua KPU Dairi Kukuhkan 507 PPS
Hari Terakhir Pendaftaran Calon Perseorangan, KPU Dairi Lakukan Persiapan
Bawaslu Sumut Awasi Penyerahan Syarat Dukungan Pasangan Balon Perseorangan Pilgub 2024
komentar
beritaTerbaru