Senin, 15 Juli 2024

Capaian Vaksinasi Booster Kedua Covid-19 di Kota Medan Masih 7.09%

Redaksi - Kamis, 02 Februari 2023 17:43 WIB
513 view
Capaian Vaksinasi Booster Kedua Covid-19 di Kota Medan Masih 7.09%
Foto: Dok. Shutterstock
Ilustrasi 

Dinas Kesehatan Kota Medan menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster kedua Covid-19. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution di bidang kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Taufik Ririansyah mengatakan berdasarkan data dari KPC PEN tanggal 1 Februari 2023 pukul 11.00 WIB, capaian vaksinasi booster kedua Covid-19 di Kota Medan telah mencapai 15.804 orang atau 7.09%.

Jumlah itu terdiri dari SDM Kesehatan sebanyak 9.406 orang atau 50.22%, Lansia sebanyak 3.272 orang atau 1.60%, petugas publik sebanyak 552 orang atau 0.37%, masyarakat umum dan rentan sebanyak 2.533 orang atau 0.19% dan remaja sebanyak 40 orang atau 0.02%.

"Sejak dimulainya vaksinasi booster tahap kedua Covid-19, Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution telah memerintahkan kepada kita untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi booster kedua tersebut. Dari data KPC PEN yang ada saat ini jumlah masyarakat Kota Medan yang sudah di vaksinasi booster kedua mencapai 15.804 orang atau 7.09%," katanya, Kamis (2/2/2023).

Untuk itu bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melakukan vaksinasi booster kedua, ia mengatakan masyarakat dapat mendatangi langsung seluruh Puskesmas yang ada di Kota Medan dan juga beberapa rumah sakit di Kota Medan salah satunya adalah RSUP H Adam Malik di jam-jam operasional dengan syarat membawa KTP.

"Masyarakat yang ingin memproleh vaksinasi booster tahap kedua dapat langsung mendatangi Faskes pemerintah seperti Puskesmas dan beberapa rumah sakit di Kota Medan dengan membawa kartu identitas penduduk. Untuk vaksin booster kedua ini yang kita sediakan adalah vaksin Pfizer. Nanti dosisnya akan kita tentukan sesuai dengan vaksin primer yang sebelumnya telah disuntikan kepada masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan vaksin Pfizer ini 1 ampul berisi 12 dosis sehingga demi efektivitas penggunaan setiap dosis vaksin diimbau kepada masyarakat agar mendaftarkan dirinya terlebih dahulu, setelah nanti sudah ada 12 orang maka pihak Puskesmas akan segera melakukan pemanggilan.[br]



Adapun manfaat dari vaksinasi booster kedua Covid-19 ini, ia menyampaikan ialah untuk meningkatkan kembali imunitas dan kekebalan tubuh bagi si penerima vaksin booster pertama sehingga tidak mudah tertular Covid-19 dengan berbagai variannya.

"Jadi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi booster pertama itu setelah enam bulan terjadi penurunan antibodi sehingga diharapkan setelah dilakukannya penyuntikan vaksinasi booster dosis kedua Covid-19 ini terjadi kembali peningkatan antibodi bagi si penerima vaksin, artinya imunitas dan kekebalan tubuh mereka pun kembali meningkat terhadap penyakit Covid-19 beserta variannya," ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada masyarakat Kota Medan untuk segera melakukan vaksinasi booster kedua Covid-19 agar kesehatan dan keselamatannya lebih terjamin meskipun adanya Covid-19 dan varian-varian lainya.

"Kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi booster pertama, harus memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan vaksinasi booster kedua Covid-19 sehingga kesehatan dan keselamatan kita dapat lebih terjamin dari serangan Covid-19 dan berbagai varian lainya," ungkapnya sembari mengatakan saat ini ketersediaan vaksinasi Covid-19 masih mencukupi di setiap Puskesmas. (*)




Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Robot Pembasmi Covid-19 yang Disita KPK di Kasus APD Kemenkes Harganya Setengah Miliar
Ini Varian Covid KP.1 dan KP.2 yang Melanda Singapura
AstraZeneca Tarik Vaksin Covid-19 di Seluruh Dunia
Tak Ada Laporan Penyakit TTS, Sumut Sudah Lama Tak Gunakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Kasus Flu Singapura Nihil di Sumut, Dinkes Imbau Waspadai Gejalanya
Terpenjaranya “Sang Pejuang Covid-19”, Penghargaan Pun Sirna
komentar
beritaTerbaru