Kamis, 18 Juli 2024

Mahasiswa BEM SI Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut Pemerintah Cabut Perppu Ciptaker

Redaksi - Kamis, 30 Maret 2023 19:21 WIB
251 view
Mahasiswa BEM SI Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut  Pemerintah  Cabut Perppu Ciptaker
Foto Dok/Firdaus Peranginangin
Cabut Perppu: Massa  mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI  unjuk rasa ke  gedung DPRD Sumut, Kamis (30/3/2023) menuntut  pemerintah  mencabut Perppu No 2/2022 Ciptaker yang sudah disahkan DPR RI pada

Massa dari mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) unjuk rasa ke gedung DPRD Sumut, Kamis (30/3/2023) menuntut pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No 2/2022 Ciptaker yang sudah disahkan DPR RI pada 21 Maret 2023.

Menurut kordinator aksi Ahmad Dani Lubis di hadapan anggota DPRD Sumut Hendro Susanto dan Edy Surahman Sinuraya juga meminta pimpinan dewan segera mengeluarkan pernyataan sikap menolak Perppu yang telah menzolimi para pekerja itu.

"Tolak Perppu Ciptaker dan kita ingatkan dewan, juga harus bersikap ikut menolak," teriak Ahmad Dani sembari menambahkan, langkah pemerintah menerbitkan Perppu No 2/2022 yang merupakan lanjutan dari Undang-undang No11/2020, yang sudah dinyatakan inkonstitusional oleh Mahkamah Konstitusi, hanya menambah sengsara para buruh.

Selain itu, massa mahasiswa juga mendesak agar Undang-undang No11/2020 tentang Ciptaker segera dicabut serta meminta pimpinan DPRD Sumut segera menyampaikan tuntutan mahasiswa dimaksud ke Presiden RI Joko Widodo dan DPR RI.

Disebutkan, lahirnya Undang-undang No 11/2020 itu juga tidak melalui mekanisme pembentukan undang-undang yang seharusnya sesuai dengan aturan yang tertuang dalam UU No12/2011, sehingga telah banyak mendegradasi hak-hak buruh di dunia kerja.

Menyikapi aspirasi itu, anggota DPRD Sumut Hendro Susanto dan Edy Surahman Sinuraya sepakat menyampaikan aspirasi mahasiswa ke DPR RI, karena menyangkut undang-undang merupakan kewenangan DPR RI.(A4)






Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Puluhan Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan Polres Pematangsiantar
Puluhan IMM Unjukrasa di Depan Polrestabes Medan
Massa GMP Geruduk Dinas PMD Asahan
Warga Asahan Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut Dinas PUPR Selesaikan 11 Paket Proyek Multiyears
Buruh PT Sawawood Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut Perusahaan Pekerjakan 500 Karyawan di PHK
Warga KTM dan HPPLKN Usung "Keranda Mayat" ke  DPRD Tuntut Penyelesaian Lahan Eks HGU PTPN II
komentar
beritaTerbaru