Rabu, 19 Juni 2024 WIB

DPRD SU Prihatin Aksi Begal dan Geng Motor di Medan, Belawan dan Binjai

* Ajak Masyarakat Bantu Aparat Atasi Begal Sadis dan Brutal
Redaksi - Minggu, 02 Juli 2023 17:21 WIB
250 view
DPRD SU Prihatin Aksi Begal dan Geng Motor di Medan, Belawan dan Binjai
Foto: Ist/harianSIB.com
Anggota DPRD Sumut, H Zainuddin Purba SH
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut H Zainuddin Purba SH sangat prihatin dengan keberadaan begal dan geng motor di Kota Medan, Belawan dan Binjai, karena tindakannya semakin brutal dan sadis, sehingga perlu kekompakan seluruh elemen masyarakat dengan aparat penegak hukum mengatasinya
"Kita percaya, jika masyarakat bekerja-sama atau membantu aparat kepolisian di tiga kota itu, gerombolan begal dan geng motor yang sadis dan brutal akan cepat teratasi," tegas Zainuddin Purba kepada wartawan, Sabtu (1/7) melalui telepon di Medan menanggapi kebrutalan begal dan geng motor yang semakin hari makin meresahkan di Medan, Belawan dan Binjai.
Namun anggota dewan Dapil Binjai dan Langkat ini tetap mengapresiasi langkah tegas aparat gabungan Polda Sumut yang terus "memerangi" pelaku kejahatan di Sumut dan diharapkan langkah tegas ini terus berkesinambungan, demi mengantisipasi dan mencegah agar aksi kejahatan tidak berulang lagi.
“Jika dibiarkan, keresahan masyarakat akan berdampak dan jadi kendala terhadap pembangunan di Sumut, sebab aktifitas dan kegiatan malam, para pekerja medis, karyawan, pekerja ojek, pedagang atau bisnis malam, merasa terancam nyawanya," tandas politisi Partai Golkar ini.
Tentu warga merasa takut, sehingga pekerjaan atau kegiatan malam nantinya akan terhenti, selanjutnya berimbas terhadap pembangunan, sebab bagaimanapun jika mengancam nyawa, menjadi persoalan yang sangat serius.
Menurut Zainuddin, para geng motor sebenarnya selalu menunjukkan identitasnya, kelompoknya, benderanya serta wilayahnya, sehingga tidak begitu sulit menumpasnya sebab gerakan mereka bukan seperti teroris yang sulit terdeteksi.
Zainuddin bahkan berharap kepada Polrestabes Medan, Polresta Belawan dan Binjai menyampaikan pernyataan kepada publik, bahwa aparat kepolisian menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan dan kegiatannya pada malam hari.
"Keresahan masyarakat ini perlu cepat diantisipasi dalam beberapa hari ke depan. Keberhasilan Polri terkait masalah ini, bisa dilihat juga dari respon dan tanggapan masyarakat. Kita percaya, apabila ketiga Polres ini fokus terhadap kasus begal dan geng motor ini, tentu akan cepat teratasi,” sebutnya,
Dijelaskan Zainuddin, sebagian kekuatan begal dan geng motor ini juga tidak terlepas dari sudah mapan dan kuatnya para bandar narkoba, karena mereka ikut masuk sebagai pembinanya di balik layar, ditambah sulitnya mencari lapangan pekerjaan serta kurang pekanya orang tua dalam mengawasi dan mencermati kegiatan putra-putranya.
Berkaitan dengan itu, Zainuddin memberi solusi pemberantasan begal dan geng motor ini, segera bentuk "Tim Forkopimda Ketertiban Umum" di tiap lingkungan, sehingga pergerakan dini geng motor dan begal lebih cepat terdeteksi.(A4/r).


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Belawan Tangkap  Anggota Geng Motor Bersajam di  Marelan
Reskrim Polsek Pancurbatu Ringkus Pelaku Begal
Patroli KRYD, Polres Tebingtinggi Amankan Belasan Sepeda Motor
Program Polisi Jaga Pelajar, Polres Sergai Sosialisasi Pemberantasan Geng Motor ke Pelajar SMA Sederajat di Tanjungberingin
Tim Gabungan Tangkap Belasan Anggota Geng Motor, 2 Konsumsi Narkoba
Cegah Maraknya Geng Motor, Polres Tebingtinggi Patroli Skala Besar
komentar
beritaTerbaru