Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

DPRD SU Desak BBPJN Perbaiki Beram Jalan Sidikalang - Medan Ancam Keselamatan Pengendara

Redaksi - Selasa, 14 November 2023 18:48 WIB
792 view
DPRD SU Desak BBPJN Perbaiki Beram Jalan Sidikalang - Medan Ancam Keselamatan  Pengendara
Foto: Kolase/harianSIB.com
Frans Dante Ginting 
Medan (harianSIB.com)
Kalangan DPRD Sumut mendesak Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumut untuk segera memperbaiki beram jalan nasional jurusan Sidikalang - Medan di sejumlah titik lokasi, karena sangat membahayakan dan mengancam keselamatan pengendara.
Desakan itu disampaikan Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut Frans Dante Ginting dan anggota Fraksi PDI Perjuangan Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Selasa (14/11/2023) melalui telepon dari Sidikalang saat melintasi jalan nasional tersebut.
"Benar-benar membahayakan kondisi beram jalan nasional jurusan Sidikalang- Medan, sudah banyak truk dan mobil pribadi terperosok, sehingga terpaksa ditarik dari beram tersebut dengan menggunakan kendaraan lain," ujar Frans Dante.
Bahkan, tambah Frans Dante, ada juga kendaraan pribadi yang terguling, akibat beram jalan cukup dalam, sehingga sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan.
"Yang paling parah kedalaman beram jalan nasional tersebut berada di wilayah Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, sehingga sempat menimbulkan protes dari masyarakat agar kondisi beram tersebut segera diperbaiki atau ditimbun dengan cor beton atau aspal," tambah Frans Dante.
Seperti diketahui, tambah Salmon Sumihar Sagala, dari informasi yang diberitakan SIB, Minggu (12/11/2023), sisi badan jalan nasional tersebut mulai dari Simpang 3 Sitinjo hingga jembatan Lae Renun sangat dalam, ada yang mencapai satu meter, sehingga mengancam keselamatan pengendara saat saling berpapasan.
"Kita tahu, ruas jalan tersebut ramai dilintasi kendaraan roda empat atau lebih dan pengendara sepeda motor. Di kiri kanan badan jalan terdapat beram jalan yang sangat dalam. Kondisi ini sangat berbahaya, sedikit saja lalai, nyawa taruhannya," tegas Salmon Sagala.
Maka tidak heran lagi, tambah anggota Komisi A ini, kawasan itu tetap mengalami kemacetan, karena pengendara sangat ekstra hati-hati, sebab badan jalan juga menyempit tergerus beram jalan yang sudah menganga dengan kedalaman mencapai satu meter.
Berkaitan dengan itu, Frans Dante dan Salmon Sagala mendesak BBPJN Wilayah Sumut segera memperbaiki dengan menimbun atau mengecor beram di sisi kiri dan kanan badan jalan, mengingat jalan tersebut merupakan akses utama menuju Medan - Sidikalang.(**).

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
DPRD SU Sesalkan Capaian 100 Hari Kerja Menteri ATR/BPN Mafia Tanah Belum Tersentuh di Sumut
DPRD SU Apresiasi Polda Sumut dan Kodam I/BB Bongkar Sindikat Penyeludupan Barang dari Thailand
DPRD SU Prihatin Jalan Provinsi Menuju Objek Wisata Danau Toba Tigaras Simalungun Hancur-lebur
BBPJN Sumut Didesak Perbaiki Jalan Nasional Medan-Kutacane Km 156 "Hancur-lebur"
40 Persen Proyek Multi-Years Rp 2,7 T Amburadul
DPRD SU Tanya Kelanjutan Pekerjaan Proyek Multiyears Rp2,7 Triliun di Kabupaten/Kota
komentar
beritaTerbaru