Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

DPRD SU Minta Pemprov Sumut Manfaatkan Lahan Tidur Seluas 300 Ha di Desa Garingging Karo

* Guna Antisipasi Ancaman Krisis Pangan di Sumut
Redaksi - Rabu, 06 Desember 2023 19:16 WIB
252 view
DPRD SU Minta Pemprov Sumut Manfaatkan Lahan Tidur Seluas 300 Ha di Desa Garingging Karo
Foto: Ist/harianSIB.com
Salmon Sumihar Sagala 
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Salmon Sumihar Sagala meminta Pemprov Sumut Cq Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumut manfaatkan lahan tidur seluas 300 hektar di Desa Garingging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan di Sumut.
"Dari temuan kita di lapangan serta laporan masyarakat Desa Garingging, ada sekitar 300 hektar lahan tidur (tidak berfungsi) yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga ketahanan pangan di daerah ini. Alangkah baiknya segera difungsikan," tandas Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Selasa (5/12) melalui telepon dari Kabupaten Karo.
Berkaitan dengan itu, tambah politisi PDI Perjuangan ini, pihaknya mengharapkan Pemprov Sumut Cq Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumut maupun kabupaten segera memanfaatkannya, guna ketahanan pangan serta peningkatan perekonomian masyarakat.
"Jika dilakukan pembukaan jalan menuju lahan tidur tersebut, tentu bisa segera difungsikan masyarakat, apalagi diberikan bantuan bibit, pupuk dan alat-alat pertanian, tentu bisa menopang rakyat dari ancaman krisis pangan," tegas anggota dewan ini.
Dalam kaitan ini, anggota Komisi A ini berharap kepada Pemprov Sumut untuk segera melakukan langkah-langkah strategis dengan membuka lahan tidur tersebut, agar masyarakat bisa terhindar dari bahaya krisis pangan yang diprediksi mencapai puncak pada tahun 2024.



Penertiban Administrasi
Dalam kesempatan itu, Salmon juga menerima aspirasi masyarakat Desa Garingging agar Dinas Dukcapil Karo segera melakukan penertiban administrasi kependudukan bagi masyarakat yang ada di Desa Garingging, karena masih banyak masyarakat yang tinggal di desa itu masih memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) diluar Desa Garingging.
"Maksud masyarakat menyampaikan hal ini, demi ketertiban administrasi di desa tersebut, sekaligus mendata jumlah penduduk atau pemilih, agar dalam Pemilu 2024 mendatang, seluruh penduduk ikut menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujar Salmon Sumihar Sagala.(**).


Baca Juga:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Yosafati Waruwu Minta Pemprov Sumut Tuntaskan Polemik Rumah Adat Ono Niha di TMII
Pemprov Lakukan Sejumlah Langkah Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Adha
Lindungi Nelayan Sumut, Pj Gubernur Serahkan Asuransi Nelayan dan Luncurkan Nembush
DPRD SU Apresiasi Kinerja Pemprov Sumut Raih Opini WTP ke-10 Kali Berturut-turut
Bupati Lira Minta Pemprov Sumut Lanjutkan Pembangunan Jalan Pematangsiantar-Saribudolok
Pemprov Sumut Optimis PON XXI Aceh-Sumut Sukses, Tidak Bisa Ditunda
komentar
beritaTerbaru