Rabu, 19 Juni 2024 WIB

DPRD Desak BBPJN Sumut Segera Perbaiki Longsor Bahu Jalan Nasional Karo-Agara

* Menghindari Terperosoknya Kendaraan yang Melintas ke Jurang
Redaksi - Minggu, 18 Februari 2024 17:56 WIB
225 view
DPRD Desak BBPJN Sumut Segera Perbaiki Longsor Bahu Jalan Nasional Karo-Agara
Foto: Ist/harianSIB.com
Salmon Sumihar Sagala
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Salmon Sumihar Sagala (Sihar) mendesak Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumut segera memperbaiki bahu jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Karo-Aceh Tenggara (Agara) di Km 118 -119, tepat di lokasi Mbang Babi, yang mengalami longsor, guna menghindari jatuhnya kendaraan yang melintas ke dalam jurang.

"Seperti kita ketahui, bahu jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Karo-Aceh Tenggara (Agara) di Km 118 -119, tepat di lokasi Mbang Babi mengalami longsor di jalan lintas Desa Singamanik, Kecamatan Munthe, Kabupaten Karo, sehingga sangat rawan kecelakaan," tandas Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Senin (12/2), melalui telepon di Medan.

Menurut Salmon, bahu jalan yang longsor lebarnya sekitar 5 meter dengan kedalaman mencapai 50-60 meter, sehingga sangat mendesak untuk dilakukan perbaikan, guna menghindari terperosoknya kendaraan yang melintas ke dalam jurang.

"Kita mendesak BBPJN Wilayah Sumut gerak cepat melakukan perbaikan, dengan membuat batu bronjong ataupun beton penyangga jalan yang longsor, agar kendaraan yang melintas bisa aman dan lancar," tegas politisi PDI Perjuangan Sumut ini.

Salmon dalam kesempatan itu juga mengimbau kepada sopir truk maupun mobil pribadi agar tetap hati-hati, jika melintas di kawasan yang longsor tersebut, apalagi posisi longsor persis berada di tikungan jalan, sehingga tidak kelihatan.

Berdasarkan pengaduan masyarakat kepada anggota Komisi A ini, bahu jalan yang longsor tersebut sangat berbahaya bagi pengguna jalan, selain berada persis di tikungan jalan nasional yang padat arus lalu lintas, juga memiliki jurang yang dalam.

"Informasi yang kita terima dari masyarakat, terjadinya longsor di sebelah kiri jalan nasional ini, diakibatkan karena curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir, sehingga besar harapan masyarakat, pihak BBPJN Wilayah Sumut segera memperbaikinya," tandas Salmon.(**)




SHARE:
Tags
beritaTerkait
Hampir Setahun Longsor, Jalan Provinsi di Bahbiru Simalungun Tak Kunjung Diperbaiki
Seorang Pekerja di Sawah Tewas Tertimpa Longsor di Desa Sibalanga
DPRD SU Sesalkan Capaian 100 Hari Kerja Menteri ATR/BPN Mafia Tanah Belum Tersentuh di Sumut
DPRD SU Apresiasi Polda Sumut dan Kodam I/BB Bongkar Sindikat Penyeludupan Barang dari Thailand
DPRD SU Prihatin Jalan Provinsi Menuju Objek Wisata Danau Toba Tigaras Simalungun Hancur-lebur
Longsor Jalan Provinsi di Bahbiru Simalungun Bertambah Parah
komentar
beritaTerbaru