Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Rumah Kesembuhan Penderita Kanker “Sahabat Lazarus” ke-6 Diresmikan

* Didedikasikan Atas Nama Herlin Siboro
Horas Pasaribu - Kamis, 06 Juni 2024 21:55 WIB
369 view
Rumah Kesembuhan Penderita Kanker “Sahabat Lazarus” ke-6 Diresmikan
Foto: SNN/Horas Pasaribu
TINJAU: Tokoh masyarakat Sumut Dr RE Nainggolan, Pemimpin Usaha Harian SIB Netty Vera Panggabean, Pdt Bahtiar Sirait dan Ir Protasius Siboro, meninjau Rumah Kesembuhan “Sahabat Lazarus” ke-6, Jumat (31/5), di Jalan Cardiac Center.
Medan (harianSIB.com)
Rumah kesembuhan penderita kanker "Sahabat Lazarus" yang ke-6 diresmikan, Jumat (31/5).Peresmian rumah kesembuhan yang berada di Jalan Cardiac Center belakang Rumah Sakit H Adam Malik itu, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Netty Vera Panggabean, Pemimpin Usaha Harian SIB, yang ikut bersumbangsih terhadap rumah kesembuhan ini.

Rumah kesembuhan tersebut berdiri atas peran serta Pdt Bahtiar Sirait yang sangat peduli terhadap penderita kanker. Ada sekitar 141 orang yang tinggal di dalam rumah singgah itu. Di unit ke-6 ini, Pdt Bahtiar mendedikasikannya sebagai Rumah Kesembuhan "Sahabat Lazarus" Herlin Siboro.

Herlin Siboro adalah seorang artis, musisi dan seorang yang sangat sosial, kerap membantu penderita kanker. Dia meninggal dunia April lalu, karena menderita kanker paru-paru. Kepergiannya menyentakkan para sahabat dan penggemarnya, termasuk sahabat kerabat dan handaitaulan.

Baca Juga:
KATA SAMBUTAN: Pemimpin Usaha Harian SIB, Netty Panggabean menyampaikan kata sambutan saat meresmikan Rumah Kesembuhan "Sahabat Lazarus" Herlin Siboro, Jumat (31/5), di Jalan Cardiac Center (belakang RS H Adam Malik. (Foto: SNN/Horas Pasaribu)


Pada acara tersebut, turut hadir para rekan guru SMP Negeri 5 Percut Seituan tempat Herlin Siboro mengajar. Hadir pula kelompok Persatuan Artis Sumatera Utara (PASU) yang didalamnya ada artis Batak kenamaan Osen Hutasoit yang terkenal dengan albumnya yang hits, "Tarpaima" dan "Ganjang ma Umur mi".

Baca Juga:

Hadir juga tokoh masyarakat Sumut, Dr RE Nainggolan, yang ikut mendukung berdirinya rumah kesembuhan Sahabat Lazarus. Mantan Sekda Pemprov Sumut ini, juga ikut memotivasi para pendeta kanker yang tinggal di rumah persinggahan tersebut.

Netty Panggabean juga memotivasi para penderita kanker yang ada di rumah penyembuhan tersebut. Dia mengingatkan bahwa pemicu penyakit datang dari pikiran, beban hidup dan genetik.

"Sehingga banyak orang mengatakan, jagalah pikiranmu, jagalah hatimu supaya hidup itu lebih ringan rasanya. Bersyukurlah selalu apapun keadaanmu, apapun yang terjadi pada dirimu," ucap Netty.

Dikatakannya, penyakit apapun pasti bisa datang pada siapapun. Kalau sudah ada genetik harus dijaga pantangannya.

"Misalnya ada orang tua memiliki penyakit turunan dan mempunyai anak 5 orang, tapi belum tentu penyakit tersebut menurun ke semua anaknya, bisa saja ke satu atau dua orang anak. Jadi semua usaha dari diri kita, kalau mau sehat lakukanlah dengan baik, tapi kalau kita sudah berusaha tapi masih kena penyakit bersyukur saja kepada Tuhan, mungkin Tuhan minta kita lebih mendekatkan diri lagi. Tetaplah bersyukur dan berserah kepada Tuhan," tuturnya.

HADIR: Pemimpin Usaha Harian SIBNetty Vera Panggabean, tokoh masyarakat Sumut Dr RE Nainggolan dan Ir Protasius Siboro hadir pada peresmian rumah ke-6 "Sahabat Lazarus" Herlin Siboro, Jumat (31/5), di Jalan Cardiac Center, belakang RS H Adam Malik Medan. (Foto: SNN/Horas Pasaribu)


Sementara itu, Pdt Bahtiar Sirait mengatakan, almarhumah Herlin Siboro seorang yang sosial, sering membantu penderita kanker dan memberi makan para gelandangan. Para penderita kanker sangat kehilangan Herlin, begitu juga para sahabat, kerabat dan para murid yang pernah belajar vokal ikut larut dalam kesedihan mengenang Herlin Siboro malam itu.

"Kami sangat membutuhkan mobil ambulans, karena jika ada yang meninggal dunia kami kesulitan mengantar jenazah sampai ke kampung halaman. Jika ada yang sedang kumat penyakitnya kami juga kesulitan mengantarkannya ke rumah sakit kalau tidak ada angkutan, meskipun jarak rumah singgah ke RS Adam Malik dekat. Tapi syukurlah abang dari almarhumah yakni Moan Siboro dan kakak-kakaknya memberi donasi untuk pembelian mobil ambulans tersebut," kata Pdt Bahtiar. (**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Herlin Siboro Dimakamkan Senin di Sidikalang, Melitha dan Melisha Sidabutar Dikebumikan Bersamaan
Herlin Siboro Tutup Usia Sepekan Sebelum Tampil Bersama Consolatio Choir di Paskah Oikumene Umat Kristiani Sumut
Syair Kasih Natal Ps Ev Rajamin Sirait Berisi Empati Seperti Yusuf Arimatea dari Rumah Singgah Lazarus
Nia Tobing, Herlin Siboro dan Eddy Simanjuntak Meriahkan Gala Concert SLA-PTASN di Medan
Harian SIB Berbagi Kasih Dengan Warga Kelurahan Aur Medan Maimun
komentar
beritaTerbaru