Sabtu, 20 Juli 2024

Sosok Bupati Deliserdang ke Depan Harus Mampu Selesaikan Konflik Tanah Eks HGU

Jekson Turnip - Minggu, 09 Juni 2024 18:32 WIB
1.103 view
Sosok Bupati Deliserdang ke Depan Harus Mampu Selesaikan Konflik Tanah Eks HGU
(Foto: SNN/Dok)
Nugroho Wicaksono
Lubukpakam (harianSIB.com)
Ketua DPC Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM) Deliserdang, Nugroho Wicaksono mengatakan, sosok Bupati Deliserdang periode 2024-2029 mendatang harus mampu menyelesaikan konflik persoalan tanah eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN 2. Pasalnya, konflik tanah masih terjadi hingga saat ini. Bahkan, tak jarang menimbulkan korban.

"Konflik lahan eks HGU ini belum selesai hingga kini. Kita berharap Bupati ke depan harus mampu menyelesaikannya dengan kewenangannya," kata Nugroho kepada jurnalis SIB News Network (SNN), di Lubukpakam, Minggu (9/6/2024).

Menurut dia, belakangan ini banyak persoalan tanah yang kerap menimbulkan bentrok. Hal itu akibat status lahan mana HGU dan yang eks HGU.

Baca Juga:

Untuk itu, diharapkan Bupati Deliserdang ke depan memiliki ketegasan dalam persoalan lahan tersebut, sehingga warga tidak lagi membabi buta.

"Masyarakat kan tidak tahu status lahan tersebut HGU atau eks HGU. Sebab, kelompok tani merasa ada lahan yang tidak dikelola dengan baik maka dimanfaatkan untuk bercocok tanam dan sebagainya. Bahkan mereka berharap lahan itu dapat dimilikinya. Bupati terpilih nantinya harus mampu menyelesaikannya agar tidak menjadi bom waktu yang suatu waktu dapat meledak," kata Nugroho.

Baca Juga:

Nugroho yang juga Wakil ketua DPD Persaudaraan 98 Sumatera Utara ini menambahkan, sosok Bupati Deliserdang ke depan harus mempunyai visi yang kerakyatan untuk membantu ekonomi masyarakat kecil contohnya UKM.

"Misalnya, mendorong masyarakat membuat oleh-oleh khas Deliserdang yang saat ini tak jelas apa. Padahal, bandara internasional berada di kabupaten Deliderdang," kata Wicaksono.

Selain itu, lanjutnya, Bupati Deliserdang ke depan juga harus mampu membangun 22 kecamatan yang ada. Sehingga pemerataan pembangunan dapat dirasakan masyarakat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.(**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua DPRD Zakky Shahri Apresiasi Peningkatan PAD Deliserdang
Siswi Deliserdang Raih Medali Emas Turnamen Miko di Portugal akan Hadiri Hari Anak Nasional
Realisasi Investasi di Deliserdang Rp4,24 Triliun Lebih, Serap Tenaga Kerja 2.400 Orang
Pererat Kekompakan, Karang Taruna Deliserdang Gelar Jambore di Sibolangit
Masyarakat Kampung Kompak Desa Sampali Diteror Puluhan Preman Bersajam
KPU Deliserdang Luncurkan Maskot dan Jingle Pilkada 2024
komentar
beritaTerbaru