Sabtu, 20 Juli 2024

Ketua DPRD SU Usulkan Pesanggrahan Bung Karno di Karo Jadi Ikon Wisata Edukasi

Firdaus Peranginangin - Senin, 10 Juni 2024 14:41 WIB
507 view
Ketua DPRD SU Usulkan Pesanggrahan Bung Karno di Karo Jadi Ikon Wisata Edukasi
Foto: Dok/Firdaus
TINJAU: Ketua DPRD Sumut Dr Sutarto saat meninjau Pesanggrahan Bung Karno atau Mess Sempurna di Desa Lau Gumba, Berastagi, Kabupaten Karo, Senin (10/6/2024).
Medan (harianSIB.com)
Ketua DPRD Sumut Dr Sutarto MSi mengusulkan kepada Pemprov Sumut agar Pesanggrahan Bung Karno atau Mess Sempurna di Desa Lau Gumba, Berastagi, Kabupaten Karo, yang merupakan salah satu tempat memiliki nilai historis menjadi ikon wisata edukasi bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Sutarto kepada wartawan, Senin (10/6/2024), di DPRD Sumut, usai melakukan kunjungan ke Pesanggrahan Bung Karno di Karo, didampingi Kepala Pengelola Mess Sempurna (Pesanggrahan Bung Karno) Pahala Siregar, Perwakilan Biro Umum dan Perlengkapan Setda Pemprov Sumut Rumani Tarigan Sibero dan jajarannya.

Menurut Sutarto, keberadaan Pesanggrahan Bung Karno di Sumut sarat dengan nilai historis, tentang perjuangan sang proklamator, sehingga pihaknya berkeinginan agar dijadikan salah satu ikon wisata edukasi di Sumut.

Baca Juga:

Sutarto dalam kesempatan itu meminta Pemprov Sumut agar memberikan papan penanda keberadaan atau plank nama "Pesanggrahan Bung Karno" di Mess Sempurna, Lau Gumba Berastagi, agar masyarakat mengerti historisnya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut ini juga mendorong Pemprov Sumit bersama Beranda Warisan Sumatera (BWS) dan Yayasan Bung Karno untuk menambah koleksi, buku maupun replika benda-benda peninggalan sang proklamator tersebut.

Baca Juga:

"Agar muatan edukasinya bertambah, saya meminta untuk buku-buku tentang Bung Karno, kemudian replika benda-benda maupun foto-foto dan ilustrasi perjuangan Bung Karno dulu ditambah di sini," jelasnya sembari mengapresiasi upaya revitalisasi yang dilakukan Pemprov Sumut terhadap Pesanggrahan Bung Karno di daerah ini.

Ditambahkan Sutarto, Pemprov Sumut harus berperan penting dalam mewujudkan wisata edukasi sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi para generasi penerus, sehingga wisatawan yang menginap di mess tersebut mendapatkan nilai edukasi.

Tak sampai di situ saja, Sutarto juga mendorong Sumatera Utara mengupayakan 'digital tourism' untuk seluruh destinasi wisatanya, sebagai strategis yang efektif dalam mempromosikan berbagai destinasi dan potensi pariwisata Sumut melalui berbagai platform, termasuk konten kreatif dalam media sosial.

Menurut Sutarto, digital tourism tidak hanya sekadar mengenalkan, namun juga menyebar keindahan pariwisata, nilai historis berikut narasi, secara luas, untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke Sumut.

"Wisatawan dipermudah untuk mendapatkan informasi, memberi saran dan masukan terkait layanan maupun kondisi infrastruktur maupun sarana dan pra sarana di berbagai spot wisata di Sumut," ujar Sutarto.(**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polisi Rekonstruksi Pembakaran Rumah Wartawan di Karo, Mulai dari Kedai Hingga Lokasi Kebakaran
80 Ekor Ternak Mati di Mbal-mbal Nodi Karo, Warga Datangi Polsek Mardingding
Ketua DPRD SU dan Komisioner Komnas HAM Bahas Ranperda Perlindungan Masyarakat Adat
Besok, Polda Sumut Rekonstruksi Kasus Pembakaran Rumah Wartawan di Karo
Keluarga Korban Rico Sempurna Pasaribu Datangi Mapomdam I/BB
Anggota DPR RI Hadiri Safari Gemarikan untuk Cegah Gizi Buruk dan Stunting di Karo
komentar
beritaTerbaru