Selasa, 23 Juli 2024

Pj Gubernur Paparkan Potensi Sumut ke Dubes Kanada HE Jess Dutton

Danres Saragih - Rabu, 12 Juni 2024 15:31 WIB
355 view
Pj Gubernur Paparkan Potensi Sumut ke Dubes Kanada HE Jess Dutton
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
Pj Gubernur Sumut Hassanudin foto bersama saat menerima kunjungan Duta Besar Kanada untuk Indonesia di ruang rapat Lantai 9 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (12/6/2024).
Medan (harianSIB.com)
Pj Gubenur Sumut Hassanudin memaparkan sejumlah potensi yang ada di Sumut kepada Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia HE Jess Dutton. Adapun potensi yang dipaparkan adalag jumlah penduduk, demografi, potensi pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, industri, pendidikan, budaya, kesehatan hingga sumber daya manusia.

"Provinsi Sumut merupakan salah satu provinsi dengan pupulasi terbesar kelima di Indonesia. Provinsi Sumut mempunyai potensi pariwisata, tempat pariwisata yang menyenangkan, pertambangan, perkebunan dan alam yang sangat potensial," kata Pj Gubernur Hassanudin saat menerima kunjungan Dubes Kanada HE Jess Dutton di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (12/6/2024).

Jumlah penduduk Sumut per 31 Desember 2022 berjumlah 15.372.437 jiwa. Sumut juga dihuni berbagai etnis seperti Batak, Karo, Mandailing, Jawa, Nias, Melayu, Tionghoa, Minangkabau, Aceh, Banjar, Banten, Sunda dan lainnya.

Baca Juga:

Perekonomian Sumut katanya, ditopang dari berbagai sektor seperti sumber daya energi, pertanian, perkebunan, pariwisata, ekspor dan impor. Untuk produk pertanian Sumut ada karet, cokelat, teh, kelapa sawit, kopi, cengkeh, kelapa, kayu manis dan tembakau.

"Komoditas tersebut telah diekspor ke berbagai negara dan memberikan sumbangan devisa yang sangat besar bagi Indonesia," ucapnya.

Baca Juga:

Dengan pertemuan itu, Hassanudin berharap akan ada kerja sama antara Kanada dan Sumut, bukan hanya di sektor ekonomi tapi juga di sektor pendidikan. Karena pada tahun 2045 Indonesia berada pada bonus demografi.

"Kami akan merasa senang apabila Kanada turut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya Provinsi Sumut dengan adanya kerja sama nantinya," ujarnya.

Pada pertemuan itu Hassanudin didampingi Asisten Pereknomian dan Pembangunan Sumut Basarin Yunus Tanjung, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumri Sulthony, Kepala Bidang Promosi DPMPTSP Sumut Damar Wulan, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut Harianto Butarbutar, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Disperindag ESDM Sumut Azrai Ridho Hanafiah dan Sekretaris Kesbangpol Hendra Kusuma.

Mendengar paparan sejumlah potensi yang ada di Sumut, Dubes Kanada untuk Indonesia HE Jess Dutton merasa takjub. Apalagi kunjungan pertamanya ke Provinsi Sumut. Ia menceritakan sudah mengunjungi sejumlah tempat yang ada di Kota Medan seperti Restauran Tip Top, Masjid Raya, dan Rumah Cokelat. Setelah itu ia bersama keluarga akan menunjungi Danau Toba yang menjadi destinasi wisata di Sumut. (**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Puncak HUT ke-77 Harkopnas Tingkat Sumut, Koperasi Berdampak Kepada Masyarakat
Agus Fatoni Dilantik Sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Tunjuk Agus Fatoni Pj Gubernur Sumut
Surat Radiogram Pj Gubsu Hassanudin Tugaskan Sekda sebagai Plh Bupati Palas
Pj Gubernur Sumut: Pancasila Tak Akan Lekang Karena Panas dan Tak Luntur Karena Hujan
Menpora Tepis Isu PON XXI Aceh-Sumut Ditunda, Persiapan Sumut Berjalan On The Track
komentar
beritaTerbaru