Senin, 15 Juli 2024

Lapas Pancurbatu Gelar Razia untuk Deteksi Dini Gangguan Kamtib

Leo Bastari Bukit - Rabu, 10 Juli 2024 15:26 WIB
197 view
Lapas Pancurbatu Gelar Razia untuk Deteksi Dini Gangguan Kamtib
Foto Dok/Lapas Pancurbatu
Petugas Lapas Pancurbatu melakukan pemeriksaan di kamar hunian WBP dalam rangka razia rutin, Selasa (9/7/2024).
Pancurbatu (harianSIB.com)
Lapas Kelas IIA Pancurbatu di bawah Kanwil Kemenkumham Sumut terus mengintensifkan upaya deteksi dini guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib).

Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan razia rutin di blok hunian Warga Binaan, Selasa (9/7/2024). Razia kembali dilaksanakan di dua blok hunian, yaitu Blok Sejahtera I kamar 04 dan Blok Damai kamar 06.

Razia ini dipimpin Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Jafar Ahmad didampingi Karupam 4 Eben Ginting, serta seluruh staf KPLP, jajaran pengamanan Rupam 4, dan satu orang CPNS.

Baca Juga:

Para petugas dengan teliti memeriksa setiap kamar hunian dan barang milik Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sambil tetap mengedepankan sikap humanis.

Hasil razia menunjukkan tidak adanya narkoba, namun petugas menemukan barang-barang terlarang seperti satu unit HP Nokia, satu unit HP android, satu pack kartu remi, kartu domino, serta barang-barang yang berpotensi disalahgunakan seperti sendok stainless steel dan pisau cutter.

Baca Juga:

Jafar Ahmad menegaskan bahwa evaluasi terus dilakukan jajaran pengamanan untuk memastikan Lapas Pancurbatu aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. "Upaya deteksi dini melalui razia rutin akan terus kami laksanakan secara berkala," ujarnya.

Menurutnya, pengendalian ketertiban dan keamanan di dalam Lapas sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan. "Pencegahan dini merupakan langkah awal dalam meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan melalui razia rutin dan penggeledahan yang telah menjadi bagian yang tidak dapat diabaikan," tambahnya.

Barang-barang hasil penggeledahan akan diinventarisir dan didata untuk segera dimusnahkan. Temuan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi jajaran pengamanan untuk memperketat pengawasan dan mencegah peredaran barang-barang terlarang di dalam Lapas. (*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Tapteng Tingkatkan Pengamanan Gereja, Cegah Gangguan Kamtibmas
Polisi Tangkap Warga Labuhanbatu Terduga Pengedar Narkoba di Labura
Baru Menjabat Kapolsek, Iptu Yuna Hedrawan Gultom Tangkap Pengedar Sabu di Sibolga Sambas
Polsek Belawan Tangkap Dua Pria Terduga Pelaku Pungli
Antisipasi Guantibmas, Polres Sergai Gelar Patroli KRYD Cipta Kondisi
Sat Polairud Geledah Kapal Tanpa Nama Memasuki Perairan Tanjungbalai
komentar
beritaTerbaru