Selasa, 23 Juli 2024

Pilgub Sumut 2024, Pengamat Politik: Edy Butuh Dukungan PKS dan PDIP

Leo Bastari Bukit - Kamis, 11 Juli 2024 18:54 WIB
261 view
Pilgub Sumut 2024, Pengamat Politik: Edy Butuh Dukungan PKS dan PDIP
Foto: Dok/Leo Bukit
Prof Dr Suwardi Lubis
Medan (harianSIB.com)
Bobby Nasution telah mendapatkan dukungan dari tujuh partai politik untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Sumut 2024.

Partai-partai tersebut adalah Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, PKB, Demokrat, dan PPP. Namun, hingga kini, PKS dan PDI Perjuangan belum menentukan bakal calon mereka.

Pengamat Politik Sumut Prof Dr Suwardi Lubis, menyatakan bahwa saat ini Bobby Nasution adalah satu-satunya bakal calon gubernur. Dia mengharapkan agar PKS dan PDI Perjuangan segera menentukan calon mereka.

Baca Juga:

"Sebaiknya PDI Perjuangan dan PKS mendukung Edy Rahmayadi agar ada dua calon, supaya terlihat kedewasaan kita dalam berpolitik," katanya kepada jurnalis SIB News Network (SNN), Kamis (11/7/2024).

Prof Suwardi menilai, jika tidak ada partai yang mendukung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024, hal itu menandakan peta politik di Sumut belum dewasa.

Baca Juga:

Dengan adanya dua pasangan calon, Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi, dia memprediksi Edy akan terpilih kembali sebagai Gubernur Sumut periode 2024-2029.

Menurutnya, basis suara Edy Rahmayadi pada Pilgub Sumut 2018 lalu masih solid. "Apalagi jika nanti PKS dan PDI Perjuangan mendukung Edy, saya yakin dia akan menang. Kedua partai ini memiliki kantong-kantong suara di setiap daerah," ujarnya.

Prof Suwardi berpendapat bahwa Bobby Nasution belum waktunya maju sebagai gubernur karena usianya masih sangat muda untuk memimpin provinsi sebesar Sumut.

Sebaliknya, dia menilai Edy Rahmayadi sangat layak memimpin, mengingat pengalaman Edy sebagai mantan Pangdam I/BB dan Pangkostrad.

"Saya mengatakan ini bukan karena tidak suka dengan Bobby atau memiliki kepentingan pribadi," jelasnya.

Dia kembali berharap agar PDI Perjuangan dan PKS mendukung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024. Menurutnya, Sumut membutuhkan pemimpin yang dewasa dan matang secara mental. (*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Fraksi PKS DPRD SU Kutuk Tindakan Biadab Pembakar Rumah Wartawan di Karo
People Court Perintahkan Penangkapan Presiden China
Berselisih dengan Jepang, Pendiri Greenpeace Ditangkap
Bobby Nasution Hentikan Pembangunan Tugu di Jalan Putri Hijau
DPRD Medan Sebaiknya Undang Wali Kota Soal Parkir Berlangganan
DPC GAMKI Medan Gelar Musancab 7 Pengurus Anak Cabang
komentar
beritaTerbaru