Rabu, 17 Juli 2024

Event Trail Of The Kings, Sobari Herdiana Pelari Asal Bandung Raih Juara 1

Redaksi - Sabtu, 04 Mei 2024 20:24 WIB
519 view
Event Trail Of The Kings, Sobari Herdiana Pelari Asal Bandung Raih Juara 1
Foto harianSIB.com/FS
Finish: Subari pelari asal Bandung saat tiba di garis finish pukul 10.24 WIB, Sabtu (4/5/2024)
Samosir (harianSIB.com)

Sobari Herdiana pelari asal Bandung Jawa Barat berhasil menyabet juara satu putra kategori 50 K dalam event Trail Of The Kings (TOTK) yang digelar Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT)

Pelari asal Bandung, Jawa Barat Sobari Herdiana (29) berhasil menyabet juara satu putra kategori tertinggi 50K dalam ajang Trail Of The Kings (TOTK), Sabtu (4/5/2024). Ia berhasil mencatatkan torehan waktu 5 jam 26 menit untuk menuntaskan rute yang tersedia.

"Rasanya senang karena baru pertama kali ikut lari di sini (Danau Toba). Saya juga kaget ternyata bisa juara satu, padahal tadi sempat kejar-kejaran dengan pelari Kenya," kata Sobari.

Pria bernomor punggung 40020 tersebut mengutarakan rasa bahagianya bisa melewati garis finish dengan baik. Mengingat rute lari TOTK ini memiliki tanjakan curam dengan beberapa ilalang sekitar pedesaan yang jadi tantangan tersendiri.

"Rutenya itu sudah runnable, cuman memang ada beberapa rutenya yang memiliki tanjakan curam. Tapi bedanya dengan tempat lain, di sini kita dapat bonus pemandangan yang indah," katanya.

Sebelum ikut lari dalam ajang TOTK ini, Sobari mengaku sudah sering mengikuti ajang-ajang lari kategori 50 K. Namun khusus untuk ajang ini, ia mengaku rutin berlatih kurun waktu dua bulan belakangan.

"Beberapa bulan ini memang udah berlatih. Hampir tiap hari atau sekitar enam kalilah dalam seminggu, saya konsisten untuk berlari," tuturnya.

Ia memotivasi anak-anak muda agar mulai rutin melakukan olahraga lari, karena menurut dia banyak dampak positifnya. Bagi kesehatan, ia mengaku tidak merokok lagi dan tubuhnya jauh terasa lebih bugar.

"Mulai aja joging-joging pelan, terus kalau ada ajang-ajang begini, ya ikut, Itu akan membantu. Sejauh ini sih fisik saya makin oke kok," pungkasnya.

Menyusul Sobari, seorang pelari Nami Isihara asal Jepang juga tercatat menempati posisi pertama kategori 50K untuk putri. Sebelumnya, Nami terpantau pernah juga mengikuti Bali Ultra Trail 2023 kategori 50K putri dan menjadi juara kedua.

Adapun peserta yang meramaikan TOTK kategori 50K ini jumlahnya mencapai 61 pelari. Peserta ditantang menyelesaikan rute lari berjarak sekitar 50 kilometer dengan ketinggian hingga sekitar 2.200 meter.(**)


Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pelari Asal Medan Lintasan Trail of The Kings di Samosir Menantang
komentar
beritaTerbaru