Kamis, 18 Juli 2024

Polres Langkat Sambangi Sekolah Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas

Redaksi - Rabu, 22 November 2023 18:02 WIB
262 view
Polres Langkat Sambangi Sekolah Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas
(SIB : Dok/Polres Langkat)
Edukasi Pelajar : Personel Sat Lantas Polres Langkat memberi edukasi kepada para pelajar SMA Swasta Persiapan Stabat, Kabupaten Langkat, Rabu (22/11/2023). 
Langkat (harianSIB.com)
Personel Sat Lantas Polres Langkat Polda Sumut menggalakkan kegiatan sambangi sekolah-sekolah tingkat SMA di Kabupaten Langkat, dalam rangka untuk memberikan edukasi tentang disiplin berlalu lintas dan keselamatan berkendara bagi para pelajar.
Kepada wartawan usai kegiatan Sambang Sekolah SMA Swasta Persiapan Stabat, Rabu (22/11/2023), Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang melalui Kasat Lantas AKP Marulitua Simanjorang mengatakan, kegiatan Sambang Sekolah itu digelar untuk semakin mendekatkan pihaknya dengan para pelajar dan tenaga pengajar.
Melalui edukasi itu, jelasnya, diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta korban fatal khususnya di kalangan pelajar. Dengan pemahaman yang disampaikan, tambahnya, nantinya para pelajar juga diharapkan dapat menjadi pelopor disiplin berlalu lintas.
Kesadaran terhadap disiplin berlalu lintas dan keselamatan berkendara itu, tegasnya, harus ditanamkan sedini mungkin kepada para pelajar. Para pelajar juga diharapkan menaati peraturan yang ada, salah satunya ketentuan terkait larangan bagi pelajar yang belum berusia 17 tahun dan tak memiliki SIM untuk tidak membawa kendaraan bermotor di jalan raya.
"Kita fokus menekan tingkat kecelakaan mulai dari sekolah-sekolah SMP dan SMA, serta melarang para pelajar menggunakan kendaraan di jalan raya. Pada umumnya kecelakaan lalu lintas terjadi karena adanya pelanggaran dan tak disiplinnya para pengendara," ujarnya.
Dicontohkan, dalam kegiatan Sambang Sekolah di SMA Swasta Persiapan Stabat itu pihaknya melibatkan 6 personel Sat Lantas Polres Langkat, untuk memberi edukasi terkait disiplin berlalu lintas dan keselamatan berkendara kepada para pelajar, termasuk imbauan menggunakan helm SNI, menyalakan lampu saat berkendara, serta melengkapi kelengkapan kendaraan seperti spion, plat nomor polisi dan dokumen-dokumen kendaraannya.
"Selain tegas melarang pelajar di bawah usia 17 tahun menggunakan kendaraan di jalan raya, kami juga mengimbau para pelajar tak menggunakan knalpot blong, tidak terlibat kelompok geng motor atau peredaran dan penyalahgunaan Narkoba," tegasnya. (**)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Besok, Polda Sumut Rekonstruksi Kasus Pembakaran Rumah Wartawan di Karo
Polda Sumut: Polisi Dalami Penyebab Kebakaran
Hari Pertama Operasi Patuh Toba 2024, Polda Sumut Catat 1.593 Pelanggaran
Polda Segera Gelar Perkara, Poltak Silitonga Minta Panggil Paksa Dirut Bank Sumut
Kapolda Sumut: Wujudkan Tertib Lalu Lintas
Kompol Soedarjanto Wakapolres Tapteng yang Baru
komentar
beritaTerbaru