12 Sintua Senior Ikuti Penginjilan Mimbar Tematis HKBP


261 view
Foto Dok/Pdt Dr Anna Ch Vera Pangaribuan STh
Pdt Dr Anna Ch Vera Pangaribuan STh
Medan (SIB)
Sebanyak 12 Penatua gereja (sintua) HKBP dari berbagai sektor mengikuti forum mimbar penginjilan tematis dalam bentuk sejumlah lomba yang digelar Departemen Marturia HKBP pimpinan Pdt Dr Anna Ch Vera Pangaribuan STh, pada Jumat (09/10) lalu.

"Penginjilan mimbar tematis para Sintua HKBP ini berangkat dari latar belakang pelayanan aktif dan militan dalam pekabaran injil. Sintua adalah pelayan tahbisan yang sudah lama dikenal oleh HKBP dan memiliki pelbagai peran dan pelayanan dalam gereja.

Program ini juga untuk memperkuat eksistensi para Sintua sebagai pimpinan jemaat, sebagai sekretaris jemaat, sebagai bendahara jemaat, juga sebagai bagian koinonia, marturia maupun diakonia," ujar Anna Vera Pangaribuan kepada SIB, Rabu (14/10).

Dengan penginjilan mimbar tematis ini, katanya, pelayanan sintua tidak hanya mencakup kegiatan administrasi di gereja saja, tetapi juga mencakup penginjilan kepada kalangan jemaat maupun di luar jemaat. Sintua sebagai pelayanan part-time menjadi satu kebutuhan pokok di tingkat jemaat untuk mendukung pelayanan di setiap gereja dari dulu hingga saat ini.

Anna Vera juga menyebutkan sampai saat ini masih ada gereja yang dipimpin oleh sintua, yang menjadi ujung tombak pelayanan di tengah-tengah gereja yang masih dikategorikan jemaat cabang. Hal inilah yang mendorong Departemen Marturia dan Panitia Tahun Pekabaran Injil beserta Biro Zending HKBP melaksanakan kegiatan penginjilan mimbar tematis sintua secara virtual.

Penginjilan tematis oleh sintua ini dilakukan dengan merekam materi khotbah atau renungan melalui smartphone atau kamera masing-masing dan dikirim kepada panitia. Masing-masing sintua sebagai peserta wajib memilih salah satu dari sepuluh tema yang diberikan oleh panitia.

Dari 12 peserta, diperoleh tiga pemenang dengan nilai terbaik yaitu: St Parlin Sinaga dari HKBP Pasar Rebo Distrik VIII DKI Jakarta, St Lisken Sidabutar dari HKBP Jatiwaringin Distrik VIII DKI Jakarta dan St Desima Br Sitanggang dari HKBP Rambebolang.

Masing-masing peserta juga memperoleh dana pembinaan dan sertifikat dari panitia yang disampaikan langsung oleh Kadep Marturia HKBP Anna Ch Pangaribuan melalui pertemuan zoom meeting, sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta, dewan juri dan panitia atas pelaksanaan mimbar tematis tersebut.

"Sintua adalah pelayan yang sudah lama dikenal di HKBP. Mimbar ini sekaligus sebagai motivasi bagi sintua agar tetap semangat dan militan mengabarkan injil dalam situasi apapun, termasuk dalam situasi pandemi Covid-19 ini, juga untuk menyikapi era Industri 4.0 sebagai peluang untuk menginjili dengan waktu dan ruang yang tidak terbatas," katanya ketika akan menutup pertemuan virtual tersebut. (M04/c)

Penulis
: Redaksi