Syukuran Awal Tahun 2018

Wali Kota Harap Jemaat HKBP Distrik XIV Tebingtinggi-Deli Jadi Pelopor Kesehatan


477 view
Wali Kota Harap Jemaat HKBP Distrik XIV Tebingtinggi-Deli Jadi Pelopor Kesehatan
SIB/Rimpun H Sihombing
FOTO BERSAMA: Usai menerima ulos, Wali Kota Tebingtinggi yang diwakili Staf Ahli Bidang kemasyarakatan dan SDM Jumpa Ukur Sembiring foto bersama dengan Ephorus HKBP Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing didampingi Ompu Boru, Praeses Pdt Pantun Silitonga, anggo
Tebingtinggi (SIB) -Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menyatakan sungguh tepat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menetapkan orientasi pelayanan tahun 2018 sebagai tahun kesehatan, kebersihan dan lingkungan hidup. Karena hal itu juga menjadi bagian program unggulan Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi.

Hal itu disampaikan Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Jumpa Ukur Sembiring saat menghadiri syukuran awal tahun 2018 sekaligus Launching tahun kesehatan, kebersihan dalam lingkungan hidup HKBP Distrik XIV Tebingtinggi-Deli, yang juga dihadiri anggota DPRD Tebingtinggi Ogamota Hulu, Selasa (16/1) di halaman Gereja HKBP Resort Tebingtinggi Jalan Kartini Kota Tebingtinggi.

"Pemko Tebingtinggi berharap keluarga besar HKBP Distrik XIV Tebingtinggi-Deli menjadi pelopor dan contoh di lingkungan masing-masing untuk mulai hidup sehat dengan menjaga  kebersihan dan lingkungannya," harapnya.

Disampaikan juga, sejalan dengan orientasi pelayanan tahun kesehatan, kebersihan dan lingkungan hidup yang dilaunching HKBP Distrik XIV Tebingtinggi-Deli ini, Pemko Tebingtinggi juga terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan. Baik di Puskesmas, Puskesmas pembantu hingga ke RSUD Dr Kumpulan Pane, seiring dengan peningkatan tenaga medis. Dengan harapan, warga Tebingtinggi ke depannya tidak lagi berobat ke luar daerah atau ke luar negeri.

Demikian juga halnya dengan kebersihan dan lingkungan hidup yang menurut Wali Kota juga merupakan program pembangunan Kota Tebingtinggi yang setiap tahunnya terus ditingkatkan. "Kota Tebingtinggi sebagai Kota Adipura, kebersihan menjadi suatu tolak ukur dari raihan prestasi tersebut," tegasnya.

Berkaitan dengan lingkungan hidup, Wali Kota menyatakan Pemko Tebingtinggi terus berupaya membenahi beberapa lingkungan, seperti membangun hutan kota, perbaikan drainase, saluran-saluran dan pembangunan septictank komunal di pemukiman padat penduduk. "Semua itu, guna menjaga kondisi lingkungan hidup agar semakin baik dan terpelihara," jelasnya.

Sementara Ephorus HKBP, Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam arahannya mengharapkan orientasi pelayanan tahun kesehatan, kebersihan dalam lingkungan hidup ini dapat dilaksanakan bekerjasama dengan pemerintah setempat. Karena, yang berkaitan dengan masalah kesehatan, kebersihan dan lingkungan hidup ini, menurut Ephorus bukan hanya menjadi urusan pemerintah saja, melainkan urusan bersama. "Untuk itu, dalam pelaksanaannya harus tetap bekerja sama dengan pemerintah setempat. Karena, kebaikan pemerintah adalah kebaikan kita juga. Demikian juga sebaliknya, kebaikan kita adalah kebaikan pemerintah. Oleh karena itu, harus tetap dilakukan kerja sama," harap Ephorus Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Mengingat tahun 2018 ini adalah tahun politik, Anggota DPRD Sumut, Wasner Sianturi yang memberikan sambutan mewakili jemaat pada kesempatan itu mengimbau jemaat HKBP dalam menggunakan media sosial (Medsos) agar tetap beretika dan santun dalam menyampaikan gagasan. "Bicaralah dengan kasih, seperti yang diajarkan Tuhan Yesus. Jangan lagi ada ujaran-ujaran kebencian. Dengan demikian, kerukunan tetap terjaga dengan baik", imbaunya.

Syukuran awal tahun dengan thema "Allah memberikan kesehatan, kesembuhan, kesejahteraan dan keamanan (Yer 33:6)" dan sub thema "Melayani memelihara kesehatan, kesembuhan, kesejahteraan jasmani dan rohani" ini dihadiri oleh jemaat yang berasal dari 25 Resort HKBP se-Distrik XIV Tebingtinggi-Deli yang tersebar di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Batubara dan diawali kebaktian yang dipimpin langsung oleh Ephorus Ompui Dr Darwin Lumbantobing. Usai acara kebaktian, dilanjutkan pelantikan pengurus komite HIV/AIDS Distrik, pengurus Lansia Distrik dan panitia pembangunan rumah dinas dan kantor Distrik oleh praeses Distrik XIV Pdt Pantun Silitonga disaksikan pendeta HKBP Resort Tebingtinggi yang juga ketua BKAG Kota Tebingtinggi Pdt Hotler Lumbantoruan dan para pendeta resort se-Distrik XIV Tebingtinggi-Deli. (C02/d)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com