8 Persil Tanah Masyarakat Terkena Pembangunan Bendungan DI Serdang, Belum Dibayar


383 view
 8 Persil Tanah Masyarakat Terkena Pembangunan Bendungan DI Serdang, Belum Dibayar
SIB/Lisbon Situmorang
WAWANCARA : Pelaksana teknik pembangunan Bendungan DI Serdang, Indra Mulia Matondang, ketika dikonfirmasi beberapa wartawan, Selasa (21/7/2020) sore, di Batangkuis.
Batangkuis (SIB)
Tanah masyarakat seluas 8 persil untuk lahan pembangunan bendungan (waduk) DI (Daerah Irigasi) Serdang yang berada di bantaran Sungai Serdang meliputi 2 lecamatan yaitu Batangkuis dan Beringin Kabupaten Deliserdang, hingga saat ini belum dibebaskan (dibayar-red). Oleh karena itu, lahan yang belum dibebaskan itu hingga saat ini belum dimanfaatkan.

Hal disampaikan Pelaksana Tehnik pembangunan Bendungan DI Serdang, Indra Mulia Matondang, ketika dikonfirmasi beberapa wartawan di areal pembangunan, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, pembayaran itu belum dilaksanakan karena belum validasi dari tim panitia pengadaan lahan yang diketuai Kepala ATR/BPN Deliserdang.

Pihaknya sebagai pengguna lahan akan membayar lahan itu, apabila panitia pengadaan lahan sudah memvalidasi lahan itu untuk dibayar. Namun karena situasi pandemi Covid-19, untuk anggaran pembayaran lahan belum masuk dianggarkan.

“Sekalipun demikian, pihaknya tetap optimis akan menyelesaikan pembayaran itu diakhir tahun 2020, mengingat masih bisa dianggarkan pada Perubahan APBN” jelasnya.

Pembangunan itu ditargetkan sudah selesai tahun 2021, sehingga dapat mengairi areal persawahan seluas 4.276 hektare diseputarannya.

Terkait lahan milik Wahyuddin yang belum dibayar, Indra Mulia Matondang menjawab sesuai data yang diperolehnya, lahan itu adalah satu persil sekira 4.900 Meter persegi dan saat ini masih berperkara. Dengan itu, pihaknya mengusulkan agar segera menyelesaikan syarat validasinya ke ATR/BPN Deliserdang. (*).
Penulis
: Lisbon Situmorang
Editor
: Robert@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com