6 Pohon Mahoni Ditebang, DPRD Medan Segera Panggil Kepala DKP


190 view
Foto Dok/Rel
Surat : Surat pengaduan salah satu LSM kepada Komisi IV DPRD Medan terkait penebangan 6 pohon di Jalan Aluminium Raya.
Medan (SIB)
Komisi IV DPRD Medan akan memanggil Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) M Husni sehubungan dugaan adanya pemotongan pohon atas permintaan pengusaha.

“Panggilan itu berdasarkan adanya laporan dari Ketua Umum DPP Aliansi Peduli Indonesia (API) Alexander Ginting tertanggal 3 Februari 2021 yang baru kita terima,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Medan, Paul Mei Anton Simanjuntak SH, Sabtu (6/2/2021).

Dalam laporannya, LSM yang peduli terhadap lingkungan itu menyebutkan adanya pemotongan 6 pohon Mahoni di kawasan Jalan Aluminium Raya yang disinyalir sebagai akses pintu masuk ke gudang di kawasan Jalan S Parman. Pemotongan 6 pohon itu akan dipertanyakan untuk klarifikasi agar tidak menimbulkan dugaan penyalahgunaan jabatan.

“Dari pantauan, dugaan awal hanya pemangkasan karena dapat menggangu kabel listrik ataupun Telkom. Namun belakangan berubah menjadi pemotongan pohon dan ada papan reklame yang ada di sekitarnya. Jadi kita harus tanya apakah itu pemangkasan atau pemotongan. Sebab yang kita lihat di lapangan yang tidak ada papan reklamenya itu dibiarkan, bahkan mengkhawatirkan keselamatan warga,” sebutnya seraya menyebutkan, jangan karena ada kepentingan akhirnya mengorbankan ruang hijau di Kota Medan.

“Dengan adanya penebangan pohon ini, kita akan meminta keterangan Kepala DKP. Karena diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dimana disebutkan, proporsi RTH paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota. Sementara kota Medan baru memiliki RTH sekitar 7 persen. Anehnya, malah banyak pohon sebagai RTH justru ditebang demi kepentingan pengusaha,” pungkasnya. (*)

Penulis
: Desra Gurusinga
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com