9 Tersangka Terlibat Narkoba Dibekuk Satnarkoba Polres Pematangsiantar


1.449 view
9 Tersangka Terlibat Narkoba Dibekuk Satnarkoba Polres Pematangsiantar
Foto Dok/Humas Polres Pematangsiantar
DIAMANKAN: Kesembilan tersangka J, L, A, R, AN, AH, B, P dan Bang IS bersama barang bukti narkoba jenis sabu dan ganja saat diamankan di ruang Satnarkoba Polres Pematangsiantar, Sabtu (20/2/2021)
Pematangsiantar (SIB)
Terlibat peredaran gelap narkoba jenis sabu dan ganja, sembilan orang tersangka inisial J (38), L (41), A (25), R (41), AN (18), AH (19), B (34), P (24) dan Bang IS dibekuk petugas Satnarkoba Polres Pematangsiantar dari lokasi berbeda.

Informasi diperoleh sebelum penangkapan itu, petugas awalnya meringkus tersangka J karena dicurigai mengedarkan sabu di pemakaman Kristen di Jalan Laguboti, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan, Jumat (19/2/2021) sore.

" Dari tersangka berupa barang bukti 1 buah plastik klip berisi 5 paket sabu seberat 1,35 gram dan 5 buah plastik klip kosong dan dari kantong celana depan sebelah kirinya ditemukan 1 unit Hp dan sebelah kanan ditemukan uang Rp 80 ribu," ujar Kasubbag Humas Polres Pematangsiantar, AKP Rusdi saat dikonfirmasi via selulernya, Minggu (21/2/2021).

Selain itu kata dia, petugas Satnarkoba menggerebek salah satu warung tuak yang dijadikan tempat bertransaksi narkoba di Jalan Bahkora Bawah, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Siantar Marihat, Sabtu (20/2/2021) siang. Dari pengrebekan itu, dua tersangka inisial L dan A berhasil ditangkap petugas bersama barang bukti berupa satu buah puntung rokok gudang garam yang sudah dibakar dicampur ganja dan dari kantong baju sebelah kiri A ditemukan 1 paket ganja dan 1 bungkus kertas tik-tak.

Kemudian dari bawah kursi A ditemukan 1 batang rokok Magnum yang sudah dicampur ganja. Tak hanya itu, dari samping warung ditemukan 1 buah tas sandang yang di dalamnya ada 27 paket ganja seberat 54,64 gram dan uang sebesar Rp 80 ribu dan dari kantong celana kanan R ditemukan 1 paket ganja dan uang sebesar Rp 50 ribu.

Petugas Satnarkoba kembali meringkus pengedar sabu inisial AN saat berdiri di pinggir Jalan Rakutta Sembiring, Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba, Sabtu (20/2/2021) sore. Dari tangan tersangka AN diamankan 2 paket sabu seberat 0,50 gram dan mengaku mendapatkan barang haram itu dari temannya inisial AH. Selanjutnya petugas melakukan pengejaran dan berhasil menangkap tersangka AH di Jalan Rakutta dan mengakui sabu yang diamankan petugas dari AN merupakan milik mereka.

Tak hanya itu masih kata dia, petugas kembali menangkap dua tersangka inisial B dan P saat turun dari dalam mobil di Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba, Sabtu (20/2/2021) malam. Dari keduanya diamankan dari tas sandang yang dipakai B ditemukan 1 unit Hp kemudian dari kantong celana depan sebelah kiri P ditemukan 1 unit Hp merk Samsung dan pada saat dilakukan pemeriksaan, 1 unit Hp merek Xiaomi milik B ada panggilan masuk dari inisial Bang IS. Kemudian personel Satnarkoba menanyakan di mana keberadaan Bang IS dan pengakuan B dan P yang bersangkutan tinggal di Jalan Wahidin, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara.

Lalu petugas berangkat untuk melakukan pencarian terhadap Bang IS dan berhasil menangkapnya di satu rumah di Jalan Wahidin, Sabtu (20/2/2021) malam sekira pukul 23.00 WIB. Dari tersangka Bang IS diamankan 1 unit Hp merk Samsung dan kemudian dilakukan penggeledahan di dalam rumah dan dari ruangan depan rumah tepatnya dari balik kaca ditemukan 1 buah kotak rokok gudang garam yang didalamnya ada 1 buah gulungan plastik hitam yang berisi 3 paket sabu seberat 2,99 gram.

"Jadi keseluruhan barang bukti bersama sembilan tersangka telah diboyong ke ruang Satnarkoba Polres Pematangsiantar untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Para tersangka mengakui terlibat peredaran narkoba jenis sabu dan ganja," terangnya. (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: Robert/bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com