Air PDAM Tirta Bulian Jorok, Tidak Layak Konsumsi


388 view
Foto SIB / Japet Arki Bangun
JOROK : Kondisi air PDAM Tirta Bulian yang jorok dan tidak layak dikonsumsi, Minggu (1/11/2020). 
Tebingtinggi (SIB)
Warga Perumahan Bajenis Indah (PBI) Kelurahan Bulian, Kecamatan Bajenis, mengeluhkan kondisi air yang disuplay oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bulian. Pasalnya air kotor dan dinilai tidak layak konsumsi.

"Sudah berbulan-bulan kondisi airnya tidak layak, bahkan terkadang ada berampas kotoran berupa lumpur," kata J Saragi, warga perumahan tersebut kepada SIB, Minggu (1/11/2020).

J Saragi mengatakan, kondisi air yang tidak layak dipakai ini sejak awal tahun 2020 dan sering mati berjam - jam sehingga pelanggan kesulitan mendapatkan air.

"Air PDAM baru bisa dimanfaatkan harus terlebih dahulu disaring. Jangankan untuk diminum, untuk mencuci pakaian saja harus disaring, kalau tidak, pakaian bisa berubah warna," keluhnya.

Lanjutnya, tagihan tetap dibayar oleh pelanggan tanpa ada potongan, bahkan di luar dari tagihan dibebankan biaya administrasi sebesar Rp. 10.000/transaksi setiap bulannya.

"Kualitas air jorok, rekening pembayaran tidak ada pengurangan," ucapnya.

Menurutnya, jika pelanggan PDAM Tirta Bulian ada 30 ribu dikalikan biaya administrasi Rp. 10 ribu, maka pendapatan PDAM setiap bulannya sebesar 300 juta dari pelanggan. Tapi masih belum bisa memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan.

J Saragi, berharap agar pihak pemerintah, khususnya manajemen PDAM Tirta Bulian untuk segera berbenah, agar kondisi air yang disuplai bisa lebih baik, setidaknya bisa dimanfaatkan langsung tanpa harus disaring terlebih dahulu. (*)

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Robert@hariansib.com/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com