Akhyar Simbolon dan Zulkarnain Siregar Tidak Memenuhi Syarat Sebagai Balon Bupati Labuhanbatu


1.130 view
Akhyar Simbolon dan Zulkarnain Siregar Tidak Memenuhi Syarat Sebagai Balon Bupati Labuhanbatu
Dok/Joko
RAPAT PLENO TERBUKA: Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi dan 4 komisioner lainnya, melaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan perbaikan terhadap 2 Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Labuhanbatu dari jalur perseorangan pada Pilkada 2020, Kamis (20/8/2020), di Aula Kantor KPU Jalan WR Supratman Rantauprapat. 
Rantauprapat (SIB)
Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati Labuhanbatu dari jalur perseorangan, gagal ikut jadi peserta Pilkada serentak tahun ini. Dukungan terhadap Bapaslon Akhyar Simbolon-Ahmat Saipul Sirait dan Zulkarnain Siregar-Suparno, tidak memenuhi syarat meski berkas dukungan mereka telah 2 kali diverifikasi faktual. Berkas pendukung yang diverifikasi tetap tidak mencukupi syarat minimal, 25.142 dukungan.


Dengan demikian, dari jalur independen pada Pilkada Labuhanbatu hanya pasangan Suhari Pane-Irwan Indra yang telah memenuhi syarat pada rekapitulasi pertama.


Pada rapat pleno terbuka rekapitulasi faktual dukungan perbaikan yang digelar KPU Labuhanbatu, Kamis (20/8/2020), di Aula Kantor KPU Jalan WR Supratman Rantauprapat, terungkap dukungan terhadap Bapaslon Akhyar Simbolon-Ahmat Saipul Sirait yang memenuhi Syarat (MS) hanya 655 dari kekurangan 13.447. Sedangkan dukungan untuk Bapaslon Zulkarnain Siregar-Suparno, dari hasil verifikasi faktual dukungan perbaikan, yang MS hanya 1.480 dari 6.859 kekurangan.


Dikutip dari rekapitulasi dukungan perbaikan, jumlah dukungan untuk Akhyar Simbolon - Akhmat Saiful Sirait yang lolos verifikasi di tingkat KPU untuk dilanjutkan ke tingkat desa/kelurahan awalnya sebanyak 14.348, namun yang MS hanya 655.


Dari formulir yang sama hasil rekapitulasi KPU, dukungan untuk Zulkarnain Siregar-Suparno yang lolos untuk verifikasi perbaikan sebanyak 11.664, tetapi hasil akhir dukungan yang MS cuma sebanyak 1.480 dukungan.


Hasil rekapitulasi dukungan perbaikan milik Akhyar Simbolon-Ahmat Saipul Sirait, dari jumlah dukungan 14.348, yang MS dengan bukti dapat dihadirkan sebanyak 655 dukungan. Rinciannya, di Kecamatan Rantau Utara yang MS 91, Bilah Barat MS 181, Rantau Selatan MS 76, Panai Hilir MS 29, Panai Hulu MS 61, Panai Tengah MS 17, Bilah Hulu MS 52 , Pangkatan MS 66 dan Kecamatan Bilah Hilir MS 82, sehingga total MS sebanyak 655. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 13.693 dukungan.


Dukungan untuk pasangan Zulkarnain-Suparno, dari jumlah dukungan perbaikan sebanyak 11.664, yang memenuhi syarat hanya 1.480. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 10.184 dukungan.


Rinciannya per kecamatan, di Rantau Utara yang MS 298, Bilah Barat MS 86, Rantau Selatan MS 153, Panai Hilir MS 178, Panai Hulu MS 192, Panai Tengah MS 70, Bilah Hulu MS 223, Pangkatan MS 160 dan Kecamatan Bilah Hilir MS 120.


Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi saat dikonfirmasi wartawan seusai rekapitulasi, menyebut pihaknya telah melaksanakan semua tahapan sejak verifikasi faktual, rekapitulasi di tingkat kecamatan hingga KPU, baik verifikasi faktual pertama maupun perbaikan dukungan, sesuai aturan yang berlaku.


"Jikapun terjadi riak saat proses tersebut, itu merupakan hal yang lumrah," ujarnya.


Sejak rapat pleno tersebut dibuka sekitar pukul 14:10 WIB hingga selesai sekitar pukul 17:08 WIB, rekapitulasi dihujani interupsi dari 2 Bapaslon dan tim penghubung masing-masing. (*)


Penulis
: Efran Simanjuntak
Editor
: Robert@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com