Anggota DPRD Sumut Ingatkan Masyarakat Tetap Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19 Hadiri Pasar Murah


317 view
Anggota DPRD Sumut Ingatkan Masyarakat Tetap Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19 Hadiri Pasar Murah
Foto SIB/Firdaus Peranginangin
Sugianto Makmur
Medan (SIB)
Anggota Komisi B DPRD Sumut Sugianto Makmur mengingatkan masyarakat saat menghadiri pasar murah yang digelar Pemprov Sumut di sejumlah titik di Medan, agar tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona di daerah ini.
"Silahkan berbelanja di pasar murah, tapi harus tetap ikuti protokol kesehatan Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah, jaga jarak dan jangan berdesak-desakan," ujar Sugianto Makmur kepada wartawan, Senin (18/5/2020) di DPRD Sumut, menanggapi situasi pasar murah yang diserbu masyarakat di sejumlah titik di Medan dengan mengabaikan protokol kesehatan.
Menurut Sugianto Makmur, kerumunan massa yang menghadiri pasar murah dikhawatirkan dapat menyebabkan penyebaran virus Corona dengan cepat di masa pandemi saat ini, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Ditambahkan Sugianto, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan pasar murah, karena sangat membantu masyarakat di tengah situasi sulit sekarang ini, karena harga-harga bahan pokok yang disediakan jauh lebih murah dari harga pasar.
"Memang melihat situasi ekonomi masyarakat yang terdampak Cobid-19 saat ini, sangat wajar jika masyarakat datang berbondong-bondong menyerbu pasar murah. Di sini peran panitia penyelanggara dituntut lebih tegas menjalankan protokol kesehatan," tandasnya.
Ia mengatakan, physical distancing dan sosial distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter harus diutaman. Selain itu, budaya antre juga harus diterapkan saat warga membeli bahan kebutuhan pokok yang disediakan di pasar murah.

Jika warga tidak memakai masker dan tidak ikut daftar antri maupun tidak menjaga jarak, kata Sugianto, sebaiknya tidak diperbolehkan memasuki areal pasar murah, sebelum transaksi pembelian. Warga juga diharuskan menggunakan hand sanitizer yang disediakan panitia.(*).


Penulis
: Firdaus Peranginangin
Editor
: Wilfred Manullang/Donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com