Anggota Reskrim Polsek Kualuh Hulu Ditembak Bandit Jalanan di Jalinsum Membangmuda


1.817 view
Anggota Reskrim Polsek Kualuh Hulu Ditembak Bandit Jalanan di Jalinsum Membangmuda
Medcom.id
Ilustrasi

Labuhanbatu Utara (SIB)

Seorang anggota Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Kualuh Hulu Polres Labuhanbatu, ditembak bandit jalanan di jalan lintas Sumatera Membangmuda, Desa Perkebunan Membangmuda, Kecamatan Kuluh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, Rabu (23/9/2020) sekira pukul 23:00 WIB.

Penembakan terjadi setelah seorang pelaku merampas senjata polisi rekan korban Bripka Rajinsyah Siregar yang menangkap 2 pelaku kejahatan jalanan di Jalinsum Membangmuda.

Informasi yang dihimpun SIB, korban Bripka Rajinsyah Siregar (38), tertembak pada bagian perut daerah ulu hati. Anggota polisi itu roboh setelah ditembak seorang pelaku, sehingga pemilik pistol Aipda TA Sinaga fokus membantu rekannya yang tertembak, dan kedua pelaku kejahatan jalanan berhasil melarikan diri ke perkebunan sawit malam itu.

Dari informasi itu disebutkan, awalnya, Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu mendapat laporan tindakan kejahatan jalanan di Jalinsum Membangmuda.

Kanit Reskrim kemudian memberikan perintah kepada timnya untuk menindak setiap pelaku kejahatan jalanan di wilayah hukum Polsek tersebut, Rabu 23 September 2020 sekira pukul 22:00 WIB.

Kemudian Aipda TA Sinaga dan Bripka Rajinsyah Siregar melakukan patroli di Jalinsum Membangmuda dan mengamankan 2 pelaku kejahatan jalanan yang sedang memeras supir truk di Jalinsum tersebut, Desa Perkebunan Membangmuda.

Namun naas, kedua bandit itu melakukan perlawanan. Seorang pelaku merampas senjata Aipda TA Sinaga dan spontan polisi itu berusaha mengambil kembali senjatanya dan bergulat dengan pelaku. Melihat pergumulan itu, korban membantu rekannya. Pelaku menarik pelatuk pistol itu dan menembak bagian perut Bripka Rajinsyah Siregar.

Menerima laporan peristiwa itu, tim Polsek Kuluh Huli turun membantu korban dan membawanya ke RSUD Aekkanopan untuk pertolongan pertama. Korban kemudian dirujuk ke RS Bhayangkara Medan untuk penanganan dan perawatan medis yang intensif.

Kepolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan saat dikonfirmasi sejumlah wartawan sesuai pengundian nomor urut 5 pasangan calon bupati-wakil bupati peserta Pilkada Labuhanbatu, Kamis (24/9/2020), di Rantauprapat, membenarkan peristiwa penembakan anggota Unit Reskrim tersebut.

"Saat itu Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu sedang melakukan patroli kejahatan jalanan di Jalinsum Membangmuda. Kemudian petugas melihat 2 orang melakukan pemalakan terhadap supir truk, lalu petugas mengamankan kedua pelaku.

Namun kedua pelaku melakukan perlawanan dengan meronta dan seorang dari pelaku merampas senjata anggota, sehingga anggota berusaha merebut senjatanya saat itu juga terjadi pergumulan. Melihat hal itu, Bripka Siregar membantu rekannya, kemudian pelaku menembak dan kena pada bagian perut Bripka Siregar, sehingga kedua pelaku melarikan diri ke perkebunan sawit," jelas AKBP Deni.

Deni menyebut, malam itu korban langsung dibawa ke RS Bhayangkara Medan setelah mendapat pertolongan awal di RSUD Aekkanopan.

"Alhamdulillah, tadi sudah dioperasi untuk mengeluarkan peluru dari perut Bripka Siregar dan opersinya berjalan lancar," sebut Kapolres.

Dia menegaskan, pihaknya sedang memburu 2 pelaku dan telah mengetahui identitas kedua pelaku dimaksud.

(*)

Penulis
: Efran Simanjuntak-Chairul Matondang
Editor
: Robert@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com