Apresiasi Koprinka Sepatu Kulit, Wali Kota Medan Dukung Pengembangan UMKM


229 view
Apresiasi Koprinka Sepatu Kulit, Wali Kota Medan Dukung Pengembangan UMKM
(Foto : Dok/Diskominfo Medan)
Berfoto Bersama : Wali Kota Medan Bobby Nasution berfoto bersama pengurus Kopinkra Sepatu Kulit Kota Medan, usai audiensi di ruang khusus Wali Kota Medan, Selasa (16/3/2021). 
Medan (SIB)
Pemko Medan mengapresiasi keberadaan Koperasi Industri Kerajinan (Kopinkra) Sepatu Kulit dan menyatakan siap mendukung pengembangan usaha mikro kecil menengah di Medan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika menerima audiensi pengurus Kopinkra Sepatu Kulit Kota Medan, dipimpin Azri Smak, di ruang khusus Wali Kota Medan, Selasa (16/3/2021).

Selain memberikan bantuan peralatan kerja, katanya, bentuk dukungan yang juga diberikan yaitu membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk menjual produknya kepada Pemko Medan. Untuk itu, pelaku UMKM diminta untuk mengurus perizinan dan masuk e-katalog Pemko Medan.

Disebutkan, saat ini Pemko Medan tengah mendata seluruh UMKM yang ada, karena diperlukan untuk memberhasilkan upaya pengembangan UMKM.

“Kita ingin setiap kelurahan ada komoditasnya,” ujarnya.

Dijelaskan, ketika perizinan para pelaku usaha UMKM telah lengkap dan sudah masuk e-katalog, Pemko bisa saja membeli produk sepatu buatan Medan tersebut dan diperuntukkan bagi ASN. Terkait pengadaan bahan kulit, sambungnya, para pengrajin sepatu bisa membeli kulit dari PD Rumah Potong Hewan.

"Sebaiknya bahan kulitnya dibeli dari Medan. Para pembuat sepatu bisa membeli bahan kulit dari PD Rumah Potong Hewan Medan. Ada kolaborasi di sini. Dengan demikian, semua akan tertolong. Pembuat sepatu tertolong, perusahaan daerah juga terbantu," terangnya.

Sebelumnya dalam audiensi itu, Azri Smak memaparkan tentang berbagai kendala maupun terobosan yang telah dilakukan para pembuat sepatu kulit di Medan, terutama pada kondisi pandemi Covid-19 ini. Azri juga memperlihatkan berbagai contoh sepatu kulit hasil pengrajin di Medan, yang sepasang di antaranya dibeli Wali Kota Medan. (*)
Penulis
: Roy Marisi Simorangkir
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com