Bandar Khalipah Nihil Kasus Covid-19, Vaksinasi Tahap Pertama Nakes Berjalan Lancar


127 view
Foto Dok/dr. Yannes Manalu
dr. Yannes Manalu
Sergai (SIB)
Kepala Pusat (Kapus) Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) UPT Bandar Khalipah, dr Yannes Manalu mengatakan, dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Serdangbedagai, hingga saat ini Kecamatan Bandar Khalipah nihil kasus Covid-19.

"Memang kita belum pernah melakukan rapid ataupun swab test secara massal, namun hingga kini belum ada temuan ataupun laporan warga terkait positif Covid-19 di Bandar Khalipah ini. Bahkan lima orang petugas tracing Covid-19 yang semestinya bertugas di wilayah kerja kami, saat ini ditugaskan di Kecamatan Tebing Syahbandar, " ujarnya kepada SIB, Selasa (2/3/2021) di ruang kerjanya di Puskesmas Bandar Khalipah di Desa Juhar.

Manalu menjelaskan, sejak ditetapkan sebagai bencana nasional, dia bersama jajaran tenaga kesehatan di Puskesmas Bandar Khalipah secara ketat menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Kepada warga, kami terus melakukan sosialisasi terkait bahaya Covid-19. Kalau ada warga yang mengadakan acara pesta suka maupun duka, kami persuasif untuk menerapkan prokes dan kalau bisa hanya kegiatan satu hari. Dengan demikian, sebaran Covid-19 ini bisa kita hentikan," terangnya.

Terkait dengan program vaksinasi Covid-19, ia menyampaikan untuk Kecamatan Bandar Khalipah sudah dilakukan vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan. Sedangkan tahap kedua bagi TNI, Polri dan pelayan publik masih menunggu jadwal dari kabupaten.

Manalu berharap bagi warga yang belum menerima vaksin, lebih sadar akan bahaya Covid-19 dan meyakini bahwa vaksin aman untuk menangkal penyebaran Covid-19.

"Hoax yang berhubungan dengan vaksin Covid-19 agar ditinggalkan saja. Harapan saya seluruh warga di Kecamatan Bandar Khalipah tuntas selesai divaksin, agar penularan Covid-19 bisa dihentikan," tutupnya. (*)

Penulis
: Humala Siagian/Lambok Simbolon
Editor
: Robert/Eva Rina P
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com