Belasan Hektare Padi Siap Panen Dirusak Banjir di Nias Barat


183 view
Foto: SIB/Yeremia Hia
PADI RUSAK: Padi yang siap panen di Desa Bawadasi Nias Barat dirusak banjir karena hujan turun seharian, Sabtu (21/11/2020)
Nias Barat (SIB)
Belasan hektare tanaman padi milik warga Desa Bawadasi khususnya kelompok tani Magai, Kecamatan Lahomi, Kabupaten Nias Barat, rusak parah akibat dihantam banjir pada Sabtu 21/11/2020.

Tanaman padi yang siap panen beberapa hari lagi gagal dipanen. Selain terendam air, tanaman juga banyak yang ditimbun lumpur karena air yang meluap dari sungai dan pemukiman berhubung hujan seharian.

Ada beberapa kelompok petani yang gagal panen, salah satunya kelompok Magai. Salah seorang petani dari kelompok tani Magai yang bernama Ditaria Daeli mengatakan, sampai sekarang sawah mereka masih terendam air. "Ada puluhan hektar tanaman padi rusak parah," ujar Ditaria

Dia juga menjelaskan bahwa derasnya hujan membuat volume air yang besar tidak tertampung di parit persawahan sehingga meluap dan menghantam persawahan milik warga.

"Saya berharap kepada pemerintah dan Dinas Pertanian Kabupaten Nias Barat, supaya membantu kami para petani, terutama untuk penambahan volume parit persawahan, sehingga jika terjadi hujan deras kedepan air tidak meluap lagi dan tidak merusak tanaman padi warga," ujar Ditaria.(*)

Penulis
: Yeremia Hia
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com