Bupati Nias Sebut Pertapakan Kantor Bupati Baru Masuk Desa Hilizoi


947 view
Foto: SIB/Normalius Gori
KRITIK:  Kantor Bupati Nias yang saat ini sedang dibangun. Foto dipetik Minggu (10/1/2021)
Nias (SIB)
Bupati Sokhiatulo Laoli menegaskan, pertapakan kantor bupati baru masuk Hilizoi Kecamatan Gido.

"Pertapakan itu masuk Hilizoi. Hal itu sebelumnya sudah melalui kajian dan penelitian tim sebelum dilaksanakan relokasi," jelasnya usai menghadiri ramah tamah tahun baru, Senin (11/1/2021).

Hal itu disampaikannya menanggapi komentar sejumlah warga Desa Baruzo, Kecamatan Sogaeadu bahwa pertapakan kantor bupati baru masuk wilayah desa mereka, bukan Desa Hilizoi.

Terkait komentar warga tersebut, ia pun meminta wartawan menanyakannya langsung kepada mereka.

Sebelumnya, Harapan Gulo, Nolo Gulo dan Ama Reni Zandroto, tokoh warga Desa Baruzo dengan tegas mengatakan, lokasi pertapakan kantor Bupati Nias yang sedang dibangun masuk Desa Baruzo.

Alasan yang disampaikan, sejak puluhan bahkan ratusan tahun warga Baruzo secara turun temurun sudah bermukim dan mengolah lahan pertanian di sana.

"Kami minta Bupati Nias meluruskan wilayah pertapakan itu, karena jika tidak, bisa menjadi masalah sosial ke depan," kata warga.

Hal itu didukung pernyataan Kepala Desa Baruzo Alisokhi Laoli. Pertapakan dikatakan secara peta masuk Desa Baruzo, namun secara administrasi sepertinya masuk Desa Hilizoi. (*)

Penulis
: Normalius Gori
Editor
: Robert Banjarnahor
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com