Bupati Taput Instruksikan OPD Teknis Segera Perbaiki Rumah Korban


286 view
Bupati Taput Instruksikan OPD Teknis Segera Perbaiki Rumah Korban
Foto SIB/Dok Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Salah satu rumah yang rusak berat dihantam angin puting beliung di Kecamatan Tarutung
Tarutung (SIB)
Bupati Taput Nikson Nababan menunjukkan sikap empati kepada korban bencana alam puting beliung di Kecamatan Tarutung dan Kecamatan Siatas Barita.
Dilansir dari relis Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Taput Donna Situmeang, Selasa (9/3/2021) menyebutkan Bupati Taput menegaskan para korban puting beliung harus dapat segera tempati rumahnya kembali
Nikson Nababan melakukan upaya penanganan dengan menurunkan personil Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara untuk penanganan darurat di lokasi bencana. Baik itu menangani rumah yang ditimpa pohon dan kerusakan lainnya.
Bupati menginstruksikan OPD teknis untuk secepatnya mendata korban bencana dan secepatnya diberikan bantuan keuangan agar rumah para korban segera dapat ditempati kembali.
Bencana puting beliung terjadi di beberapa tempat, di antaranya di Sait Nihuta dan Desa Parbubu Pea Kecamatan Tarutung, Desa Lumban Siagian Julu, Enda Portibi dan Huta Galung Kecamatan Siatas Barita.
Dampak kerusakan akibat puting beliung ini di Kecamatan Tarutung yakniDesa Huta Toruan I, sebanyak 4 unit rumah rusak berat dan sebanyak 19 unit sehinggan jumlah keseluruhan 23 unit rumah. Desa parbubu Pea dengan 13 unit rusak berat, sebanyak 16 unit rumah rusak ringan maka total 29 unit rumah. Dengan demikian jimlah keseluruhan rumah rusak di Kecamatan Tarutung sebanyak 52 unit.
Sementara di Kecamatan Siatas Barita sebanyak 49 unit rumah baik rusak berat dan rusak ringan dan 1 unit jembatan rusak ringan. (*)

Penulis
: Posma Simorangkir
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com