Cuaca Ekstrem, Gelombang Tinggi, Pelaku Kapal Wisata di Danau Toba Enggan Berlayar


1.773 view
Cuaca Ekstrem, Gelombang Tinggi, Pelaku Kapal Wisata di Danau Toba Enggan Berlayar
Foto SIB/Linggom Parhusip
BERGELOMBANG: Para pelaku perkapalan di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon enggan berlayar karena gelombang air Danau Toba naik akibat angin kencang, Minggu (4/4/2021).
Parapat (SIB)
Sepekan terakhir, gelombang air Danau Toba tinggi hingga mencapai satu meter akibat angin kencang, sehingga membuat para pelaku perkapalan di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon enggan berlayar.

"Sudah lima hari, cuaca di kawasan Danau Toba ekstrem, gelombang air pun membesar. Kondisi ini membuat pelaku jasa perkapalan di beberapa pantai di Parapat mengurungkan niat untuk berlayar demi menjaga keselamatan pelayaran di Danau Toba," ujar pelaku Kapal Wisata Parapat, Marga Sitio dan Saragih di Pantai Pora-Pora Parapat, Minggu (4/4/2021).

Sitio menjelaskan beberapa hari terakhir cuaca di kawasan Danau Toba kerap hujan dan berangin kencang hingga membuat gelombang cukup tinggi sehingga menyulitkan kapal wisata untuk berkeliling.

"Untuk sementara waktu, kita berhenti beroperasi dan menolak permintaan wisatawan untuk menggunakan jasa kapal akibat kondisi cuaca saat ini masih buruk karena dapat menyebabkan kapal terbalik. Namun kadang-kadang kita beroperasi saat gelombang sudah kecil," kata Saragih.

Sitio dan Saragih berharap cuaca di Kawasan Danau Toba membaik sehingga gelombang air danau kecil agar kapal-kapal wisata dapat beroperasi seperti biasa.(*)

Penulis
: Linggom Parhusip
Editor
: Robert /Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com