DPRD SU Desak Pemprov Sumut Ringankan Pembayaran Angsuran Kredit ASN Masa Covid-19


312 view
DPRD SU Desak  Pemprov Sumut Ringankan Pembayaran Angsuran Kredit ASN Masa Covid-19
Foto Dok Firdaus Peranginangin
Mangapul PurbaUstad Syahrul Ependi Siregar
Medan (SIB)
Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut mendesak Pemprov Sumut melalui PT Bank Sumut untuk memberikan keringanan pembayaran angsuran kredit para ASN (Aparatur Sipil Negara) dan para nasabah bank plat merah tersebut di masa pandemi Covid-19, guna meringankan beban kredit mereka.

Desakan itu diungkapkan Ketua dan Sekretaris F-PDI Perjuangan DPRD Sumut Mangapul Purba dan Ustad Syahrul Ependi Siregar kepada wartawan, Kamis (24/9/2020) di DPRD Sumut menanggapi adanya keluhan para ASN dan nasabah PT Bank Sumut terkait pembayaran angsuran kreditnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Hal ini penting dilakukan sebagai upaya mempertahankan kemampuan daya beli para ASN dan sebagian rakyat Sumut. Kemampuan daya beli ini erat kaitannya dengan ketahanan ekonomi dari ancaman resesi yang mungkin saja bisa terjadi dan menimbulkan dampak berikutnya yang tidak terkendali oleh siapapun," Imbuhnya.

Menurut Mangapul dan Syahrul, berdasarkan evaluasi Fraksi PDI Perjuangan,SiLPA yang ada di APBD Sumut TA 2020 hendaknya disalurkan menjadi bantuan sosial yang sangat bermanfaat dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Termasuk untuk membantu keringanan pembayaran kredit para ASN maupun nasabah yang dianggap bermasalah dalam situasi saat ini.

Menyinggung adanya penjelasan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terkait dengan meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sumut, Mangapul menganggap hal itu merupakan angka yang logis.

"Kita tahu jumlah angka terkonfirmasi Covid-19 terus bertambah. Tentu sangat wajar jumlah kesembuhan makin bertambah, seiring dengan sikap adaptif tenaga medis dengan memaksimalkan infrastuktur dan fasilitas kesehatan yang semangkin meningkat," ujar Mangapul.

Namun, tambah Syahrul, Fraksi PDI Perjuangan memandang, jumlah kesembuhan tersebut tidak ada yang luar biasa dilakukan Pemprov Sumut dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terbukti penyebarannya semakin mengganas.

"Sebenarnya kita sangat berharap agar Pemprov Sumut mampu menghentikan penyebaran Covid-19 ini di sepanjang tahun 2020, sehingga pada tahun anggaran 2021 proses pembangunan di Sumut benar-benar terfokus untuk kepentingan kesejahteraan rakyat, tanpa diganggu lagi oleh bencana-bencana non alam seperti yang sedang kita alami saat ini," jelas Mangapul.(*).

Penulis
: Firdaus Peranginangin
Editor
: Robert@hariansib.com/ evarina@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com