DPRD SU Desak BBPJN Sumut Segera Perbaiki Longsor di Jalan Jamin Ginting Km 23 Tiang Layar


236 view
Foto Dok Firdaus Peranginangin
H Anwar Sani TariganSalmon Sumihar Sagala
Medan (SIB)
Kalangan DPRD Sumut mendesak BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) Sumut untuk segera memperbaiki longsor di jalur Medan - Berastagi persisnya di Jalan Jamin Ginting Km 23 Desa Tiang Layar, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, guna mengantisipasi terputusnya arus lalu lintas Medan - Berastagi.

Desakan itu diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Sumut H Anwar Sani Tarigan dan anggota Komisi B Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Kamis (21/1/2021) ketika dihubungi melalui telepon dari Medan, menanggapi longsornya bahu Jalan Jamin Ginting persisnya di Km 23 Desa Tiang Layar.
"Pihak BBPJN Sumut harus bergerak cepat memperbaiki bahu jalan yang longsor tersebut, jangan sampai arus lalu-lintas Medan - Berastagi putus total, yang tentunya akan melumpuhkan perekonomian dari daerah dataran tinggi Karo, Dairi dan Pakpak Bharat," ujar Anwar Sani senada dengan Salmon Sagala.
Bahkan Salmon Sagala yang merupakan anggota dewan Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat ini menganjurkan kepada BBPJN Sumut untuk secepatnya melakukan perbaikan secara darurat, guna mengantisipasi longsor susulan, karena kondisi badan jalan saat ini mengalami keretakan dan agak miring.
"Kondisi jalan sudah mengalami longsor 1 meter, sehingga pengaturan arus lalu-lintas dilakukan dengan sistem buka tutup. Aspal badan jalan yang tersisa juga mengalami keretakan dan agak miring, sehingga sangat rentan terjadi longsor susulan yang memutuskan badan jalan," tandas Salmon Sagala.
Melihat kondisi ini, tambah Anwar Sani, pihak BBPJN Sumut harus bergerak-cepat mengantisipasinya dengan membuat bronjong atau dinding beton, guna menahan badan jalan agar tidak ambruk dan longsor, sebab kalau terjadi longsor susulan, dipastikan badan jalan akan putus dan secara atomatis jalur Medan - Berastagi lumpuh total.
Anwar Sani dan Salmon Sagala sangat sependapat, dalam tahap perbaikan ini, pihak BBPJN Sumut untuk sementara mencari jalan alternatif atau bangun jalan darurat, guna mengatasi kemacetan, sebab dengan sistem buka tutup tentu akan menimbulkan antrian sangat panjang yang tentunya sangat mengganggu aktivitas masyarakat.
Salmon dan Anwar Sani dalam kesempatan itu menyampaikan kekuatirannya melihat kondisi Jalan Medan - Berastagi di musim penghujan saat ini, karena nyaris setiap hari terjadi longsor di sejumlah titik, sehingga dibutuhkan "mandor" jalan sekaligus menyiagakan alat berat setiap hari, guna mengantisipasi terjadinya longsor yang datangnya tiba-tiba.(*).

Penulis
: Firdaus Peranginangin
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com