DPRDSU: Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Amburadul, Penerima Wajib  Didata Ulang


337 view
DPRDSU: Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Amburadul, Penerima Wajib  Didata Ulang
Mangapul Purba
Medan (SIB)
Ketua F-PDI Perjuangan DPRD Sumut Mangapul Purba menegaskan, penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kemensos (Kementerian Sosial) RI "amburadul" dan tidak tepat sasaran, karena banyak masyarakat miskin yang tidak terdata dan tidak kebagian.

"Kepling, Lurah dan Kades sebaiknya segera data masyarakat yang belum kebagian dan ajukan ke Dinas Sosial, untuk selanjutnya disampaikan ke Kemensos, agar semua rakyat miskin bisa dapat," tandas Mangapul Purba kepada wartawan, Sabtu (16/5/2020) melalui telepon di Medan.

Dari hasil investigasi F-PDI Perjuangan, masih banyak masalah yang timbul dalam penyaluran bantuan Covid-19 di berbagai daerah. Persoalan ini harus segera dituntaskan, jangan sampai menimbulkan gejolak sosial di masyarakat, sebab saat ini sudah banyak yang dilanda kelaparan.

Dalam kesempatan itu, Mangapul juga menganjurkan agar pemerintah daerah melibatkan struktur pemerintahan terkecil hingga ke dusun, melakukan faktualisasi data penerima bantuan, agar penyalurannya tidak ada lagi salah sasaran.

"Semua harus dilibatkan dan bekerjasama untuk meminimalisir masalah yang timbul, bukan saling menyalahkan, karena penanggulangan pandemi Covid-19 perlu kerja secara gotong-royong dengan melibatkan semua elemen bangsa .

Di sisi lain menurut Mangapul, bagi masyarakat yang merasa dirugikan dengan kondisi pendataan, baik itu kesalahan, kealpaan ataupun ketinggalan, sebaiknya mengelompokkan diri di tempat masing-masing, dan melaporkan ke Kepling, Lurah dan Kades tempat tinggalnya.

Anggota dewan Dapil Pematangsiantar - Simalungun ini mengajak semua pihak untuk terus "mengkawal" dalam penyaluran seluruh bantuan, agar bisa berjalan dengan baik, tidak ada pemotongan, tidak salah sasaran atau jatuh ke tangan orang-orang berduit.(*).
Penulis
: Firdaus Peranginangin
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com